Polisi Ungkap Penyebab Kecelakaan Maut TransJ Tabrak 3 Mobil di Jagorawi

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 23 Apr 2022 13:06 WIB
ilustrasi kecelakaan mobil dan truk, tabrakan
Ilustrasi (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Jakarta -

Polisi telah melakukan penyelidikan awal terkait kecelakaan bus TransJakarta yang menabrak tiga mobil di ruas Tol Jagorawi, Jakarta Timur. Lalu, apa penyebab kecelakaan yang berujung tewasnya sopir TransJakarta inisial RS (46) itu?

"Diduga (sopir) hilang konsentrasi," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jamal Alam saat dihubungi, Sabtu (23/4/2022).

Kecelakaan itu terjadi pada hari Jumat (22/4) sekitar pukul 21.45 WIB. Sopir saat itu melaju di lajur kiri di jalan Tol Jagorawi.

Namun, saat memasuki Km 02+400, bus TransJakarta yang dikemudikan oleh RS berpindah lajur secara mendadak. Hal itu berimbas TransJakarta menabrak kendaraan yang di sampingnya.

"Kendaraan bus TransJakarta berpindah lajur ke kanan yang akhirnya menabrak bodi kanan kendaraan minibus Toyota Innova yang dikemudikan SG yang melaju di sebelah kanannya," ujar Jamal.

Tabrakan itu tidak berhenti sampai situ saja. Toyota Innova yang ditabrak TransJakarta lalu terseret hingga menabrak dua mobil yang berada di depannya.

"Minibus Toyota Innova terseret sehingga menabrak kendaraan minibus Nissan Grand Livina yang dikemudikan SNS yang melaju searah di depannya dan menabrak kendaraan minibus Toyota Innova yang dikemudikan AM yang melaju di lajur tiga," katanya.

Tidak ada yang terluka dari ketiga sopir mobil yang ditabrak TransJakarta. Namun, sopir TransJakarta inisial RS meninggal dunia di lokasi.

"Pengemudi kendaraan bus TransJakarta inisial RS meninggal dunia di TKP dan dibawa ke RS Polri Kramat Jati," ucap Jamal.

Beredar Dugaan Sopir TransJ Kena Serangan Jantung

Informasi yang beredar di media sosial menyebut sopir TransJakarta inisial RS ini sempat mengalami serangan jantung saat peristiwa kecelakaan berlangsung. Namun polisi enggan membenarkan perihal informasi tersebut.

"Hasil visumnya belum keluar," sebut Jamal.

Jamal mengatakan pihaknya enggan berspekulasi perihal faktor penyebab kecelakaan maut itu. Ditanya dugaan sopir telah kehilangan kesadaran akibat serangan jantung sebelum kecelakaan berlangsung, Jamal menyebut pihaknya masih menunggu hasil visum untuk memastikan kondisi kesehatan korban.

"Ya itu yang tahu setelah hasil visumnya keluar," pungkas Jamal.

Simak Video 'Kecelakaan Maut TransJ Tabrak 3 Mobil di Tol Jagorawi, Sopir Tewas':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/idh)