Sidak ke Kampung Rambutan, Dishub Cek Sertifikat Booster Pemudik

Wildan Noviansah - detikNews
Sabtu, 23 Apr 2022 11:21 WIB
Pemudik padati Terminal Kp Rambutan jelang lebaran (Wildan Noviansah/detikcom)
Foto: Pemudik padati Terminal Kp Rambutan jelang lebaran (Wildan Noviansah/detikcom)
Jakarta - Petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Petugas Dishub masuk ke tiap bus untuk mengecek sertifikat vaksin booster COVID-19 dan hasil antigen para pemudik yang tak dapat menunjukkan sertifikat telah menerima vaksin booster.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 10.40 WIB, Sabtu (23/4/2022), petugas meminta para pemudik untuk memperlihatkan sertifikat vaksin booster.

Salah seorang pemudik tujuan Purwokerto, Endang Hastuti mendukung aturan ini. Menurut Endang, pengecekan tersebut demi keamanan dan kesehatan bersama.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan regulasi baru terkait pelonggaran aturan COVID-19. Dimana masyarakat diperbolehkan mudik Lebaran jika sudah mendapat booster.

"Bagus sih, soalnya sudah enak, kita sudah bisa keluar masuk melalui jalur bus nggak usah antigen, hemat biaya juga," kata Endang di Terminal Kampung Rambutan, Sabtu (23/4/2022).

Komandan Regu dan juga wakil Koordinator Terminal Kampung Rambutan Mulyono mengatakan, pihaknya melakukan sidak ke setiap bus di sana untuk memastikan pemudik memenuhi syarat.

"Setiap bus kita periksa (booster dan antigen)," kata Mulyono.

Total kata dia, ada dua pengecekan vaksinasi booster dan antigen di Terminal Kampung Rambutan. Yakni pengecekan di pintu masuk dan pengecekan di dalam bus.

"Ada dua pengecekan, pertama di bus dan kedua di pintu masuk. (Di pintu masuk) scan barcode dulu peduli lindungi, terus pas mau masuk kita tanya sudah booster atau belum," kata dia.

Nantinya, kata dia, kalau kedapatan pemudik tidak memenuhi syarat, akan diimbau untuk melakukan booster dan antigen yang ada di terminal.

"Mereka sebelum berangkat, di pemeriksaan kita cek. Kalau belum ada kita himbau untuk ikut booster dulu," pungkasnya.

Sementara itu Wakil Koordinator Terminal Kampung Rambutan Mulyono menjelaskan pekan ini terjadi kenaikan jumlah pemudik hingga 50 persen dibandingkan pekan lalu.

"Dibandingkan pekan kemarin, prakiraan kita ada kenaikan 50 persen," kata dia.

Selain itu, sebanyak 93 unit bus dan 418 pemudik berangkat pada Jumat (22/4) kemarin. Kata Mulyono, per pukul 10.00 terjadi kenaikan pemudik sebesar 2 persen di sana. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat.

Berdasarkan data yang dihimpun, Mulyono mengatakan, hingga saat ini di Terminal Kampung Rambutan masih didominasi oleh pemudik tujuan Sumatera.

"Penumpang kebanyakan adalah penumpang tujuan Sumatera, khususnya padang dan Palembang," ujarnya.

Dia menambahkan, diperkirakan puncak mudik di Terminal Kampung Rambutan akan terjadi pada tanggal 28 dan 29 April. Kendati demikian, pihaknya masih belum bisa memastikan jumlahnya.

Simak juga 'Kemenkes Imbau Segera Vaksinasi Booster: Supaya Mudik Aman-Nyaman':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)