ADVERTISEMENT

Sabtu Pagi Ini, Pemudik Padati Stasiun Pasar Senen

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Sabtu, 23 Apr 2022 10:42 WIB
Suasana Stasiun Pasar Senen, 23 April 2022, pagi. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Suasana Stasiun Pasar Senen, 23 April 2022, pagi. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Salah satu pengunjung Syarif (27) mengungkapkan sengaja mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan dan kenaikan harga tiket. Pria yang hendak mudik ke Pemalang, Jawa Tengah, itu rela membeli tiket dari jauh hari.

"Ya mau mudik. Saya mudiknya ke Pemalang. Ini sudah beli tiket dari bulan lalu. Takutnya kan ada kenaikan harga sama apa itu namanya padet penumpang. Jadi untuk antisipasi juga," kata Syarif kepada detikcom saat ditemui di lokasi.

Dia pun mengaku sudah mengambil cuti lantaran hendak menghabiskan waktu bersama keluarga. Dia mulai cuti pada Senin (25/4) mendatang. Syarif belum bisa memastikan kapan kembali ke Jakarta.

Saat memesan tiket, kata Syarif, tidak ada persyaratan yang memberatkan penumpang. Dia hanya menunjukkan bukti vaksinasi booster tanpa harus melakukan tes antigen maupun PCR.

Dia mengaku aturan saat ini sudah lebih dilonggarkan karena situasi pandemi yang hendak beralih ke endemi. Pria 27 tahun itu menyambut baik kebijakan pemerintah yang saat ini dinilai tak lagi memberatkan masyarakat.

"Kalau untuk persyaratan nggak ada yang ribet ya. Tidak seperti sebelumnya yang apa-apa harus PCR atau antigen. Ini bagus sih, artinya pemerintah satu langkah sudah maju dalam menetapkan kebijakan. Apalagi ini momen Lebaran, yang mana kita kebanyakan sengaja silahturahmi dengan keluarga inti atau keluarga jauh," tutur Syarif.

Suasana Stasiun Pasar Senen, 23 April 2022, pagi. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)Suasana Stasiun Pasar Senen, 23 April 2022, pagi. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Kendati demikian, dia mengaku belum membeli tiket pulang karena mempertimbangkan kondisi kantor yang mengharuskannya untuk WFH lebih banyak. Karena itu, dia akan membeli tiket pulang jika sudah ada kebijakan dari tempatnya bekerja.

"Kalau tiket pulang belum dibeli ya karena aku juga porsinya masih WFH. Kebetulan kerjaan bisa remote juga. Jadi ya sambil menunggu kebijakan kantor saja," katanya.

Penumpang lainnya Hani (24) bercerita sengaja pulang lebih awal karena hendak menyiapkan pernikahan kakaknya. Dia pun rela mengajukan cuti dan menghabiskan waktu di kampung halamannya guna membantu persiapan pernikahan.

"Kalau saya memang sengaja pulang ya, mau bantu persiapan nikah Kakak. Kebetulan kakak saya mau nikah dalam waktu dekat ini. Februari kemarin sudah lamaran, nah sekarang tinggal nikahnya nih. Doain lancar, ya," kata Hani.

Suasana Stasiun Pasar Senen, 23 April 2022, pagi. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)Suasana Stasiun Pasar Senen, 23 April 2022, pagi. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Alasan lain dia mudik lebih awal adalah hendak mengunjungi pacarnya. Dia mengaku sudah LDR selama 3 tahun, tepatnya sejak ia mulai bekerja di Jakarta.

Terlebih, kata Hani, dia sudah lama tidak bertemu dan mengunjungi pacarnya. Dia terakhir bertemu pacarnya pada awal 2021.

Saat membeli tiket, dia mengaku tak ada kenaikan harga. Menurutnya, itu karena dia sudah memesan tiket mudik sebelum bulan Ramadan. Wanita asal Yogyakarta itu juga sudah menyiapkan tiket balik ke Jakarta. Dia membeli tiket balik bersamaan dengan pembelian tiket mudik.


(azl/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT