Top 5 News

Pedagang Curhat Pungli ke Jokowi hingga Pemudik Padati Stasiun Senen

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 22 Apr 2022 16:51 WIB
Jakarta -

Pedagang di Pasar Bogor menyampaikan curahan hati (curhat) terkait maraknya pungutan liar (pungli) di sana. Dengan nada histeris, mereka mengungkapkan ada keluarga mereka yang ditahan polisi lantaran menolak pungli yang dilakukan preman.

Sementara itu, Suasana Stasiun Pasar Senen pada Jumat (22/4) mulai dipadati penumpang yang hendak mudik ke kampung halaman. Sebanyak 9.300 penumpang akan diberangkatkan pada hari ini.

Selain dua berita di atas, ada beberapa berita lainnya yang menjadi perbincangan hangat hari ini. Berikut Top 5 News edisi Jumat (22/4/2022).

1. Pedagang Pasar Bogor Curhat Marak Pungli ke Jokowi

Para pedagang di Pasar Bogor curhat ke Presiden Joko Widodo soal maraknya aksi pungli. Hal itu mereka utarakan saat Jokowi menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng, Kamis (21/4). Saat itu, Jokowi didampingi Seskab Pramono Anung, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dan Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim.

Saat kunjungannya, Jokowi sempat meninjau dan membagikan souvenir kepada pedagang di Pasar Bogor. Di saat itu, ada pria dan wanita berpakaian merah curhat ke Jokowi dan terekam dalam video yang viral di media sosial.

Berita Selengkapnya: Pedagang Pasar Bogor Curhat ke Jokowi

2. Stasiun Pasar Senen Mulai Dipadati Pemudik

Para pemudik mulai memadati Stasiun Pasar Senen pada Jumat (22/4). Setidaknya 9.300 penumpang akan diberangkatkan ke berbagai daerah tujuan hari ini.

Sejumlah pemudik memutuskan berangkat mudik lebih awal. Mereka mengaku sudah berburu tiket sejak awal April dengan harga tiket yang lebih mahal dari biasanya.

Berita Selengkapnya: Stasiun Pasar Senen Mulai Dipadati Pemudik

3. ASN Gebrak Ambulans di Sukabumi Terancam Sanksi

Video pria yang merupakan ASN di Polres Sukabumi, Sudirman, menghalangi dan menggebrak ambulans yang sedang membawa pasien di Sukabumi viral. Sudirman diperiksa Propam dan terancam dijatuhi sanksi gara-gara aksinya itu.

Dalam video itu, dia mengaku sebagai polisi dan akhirnya diketahui sebagai ASN Polri yang bertugas di Polres Sukabumi. Usai aksinya itu viral, Sudiman kemudian menyampaikan permohonan maaf. Dia juga bertemu dengan Irfan Fadilah yang tidak lain adalah sopir ambulans yang sempat berselisih paham dengannya.

Berita Selengkapnya: Sanksi ASN Gebrak Ambulans

4. Dampak Perubahan Iklim di Hari Bumi

22 April diperingati sebagai Hari Bumi. Pada momen Hari Bumi tahun ini, Google doodle menggambarkan dampak perubahan iklim terhadap bumi melalui potret linimasa Bumi dari tahun 1986-2020.

Dengan menggunakan citra dari Google Earth Timelapse dan sumber lainnya, Doodle memperlihatkan 4 lokasi yang mengalami dampak perubahan iklim

Berita Selengkapnya: Dampak Perubahan Iklim di Hari Bumi

5. Pelabuhan Nusantara Parepare Dipadati Pemudik dari Malaysia

Ribuan pemudik tiba di Pelabuhan Nusantara, Parepare, Sulawesi Selatan, Jumat (22/4). Sebagian besar dari para pemudik tersebut datang dari Malaysia dan Kalimantan.

Diprediksi peningkatan jumlah penumpang di Pelabuhan Nusantara Parepare bisa mencapai 100 persen atau 55 ribu penumpang dari tahun sebelumnya.

Berita Selengkapnya: Pemudik Padati Pelabuhan Nusantara Parepare

(akd/ega)