Tak Terduga Kabar Terbentuknya Partai Mahasiswa Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 23 Apr 2022 07:52 WIB
Pantauan detikcom di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Senin (11/4/2022), massa aksi mulai merapat ke pintu utama Gedung DPR RI. Perwakilan dari mereka memanjat pagar hitam yang di DPR.
Ilustrasi demo mahasiswa (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Partai Mahasiswa Indonesia tiba-tiba muncul dan sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Berbagai respons pun mencuat.

Kabar tak terduga ini awalnya disampaikan oleh Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. Dasco menyebut Partai Mahasiswa Indonesia sudah sah di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

"Telah lahir partai baru, ada namanya Partai Buruh. Lalu kemudian ada juga Partai Mahasiswa Indonesia. Sudah sah di Departemen Hukum dan HAM," kata Dasco saat melakukan audiensi dengan perwakilan massa demonstrasi di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/4/2022).

Ketua Harian DPP Gerindra itu mengajak partai yang baru memperoleh SK Kemenkumham itu turut berkompetisi di kontestasi Pemilu Serentak 2024. Dasco berharap mereka dapat memperjuangkan hak rakyat bersama partai yang telah lebih dulu berkantor di Senayan.

"Nah, kita ucapkan selamat datang. Mari kemudian berkompetisi, cari kursi di DPR yang bersama-sama bisa memperjuangkan hak kalian dengan kami," ujar dia.

"Partai Mahasiswa Indonesia, saya sudah cek memang benar sudah lolos Kumham (Kemenkumham), tinggal nanti verifikasi untuk pemilu. Dengan mahasiswa yang segini banyak, harusnya bisa bersama-sama merebut kursi di DPR memperjuangkan aspirasi mahasiswa," tambah Dasco.

Dasco mendorong para kader Partai Mahasiswa Indonesia mampu meraup banyak perolehan suara sehingga bisa lolos di parlemen.

"Begitu juga dengan mahasiswa, dengan jutaan mahasiswa, masa nggak bisa dapat 20 kursi, sehingga kita bersama-sama di parlemen memperjuangkan apa-apa yang mesti diperjuangkan untuk bangsa dan negara," katanya.

Bagaimana respons dari para petinggi BEM di kampus? Silakan baca halaman selanjutnya.

Saksikan juga Viral: Hanya 4 Bulan H. Endang Kumpulkan Uang Koin untuk Beli Mobil Setengah Miliar

[Gambas:Video 20detik]