Buruh Mau Pakai JIS untuk May Day, M Taufik: Deklarasi Bisa di Mana Saja

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 22 Apr 2022 15:30 WIB
M Taufik
Foto: M Taufik. (Dwi Andayani/detikcom).
Jakarta -

Massa buruh berencana meminjam Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara untuk merayakan Hari Buruh atau May Day. Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik mempertanyakan ketentuan penggunaan JIS.

"Masalahnya kan JIS-nya ketentuannya membolehkan atau tidak. Itu harus kita pelajari dulu. Itu kan satu gedung bisa, misalnya tidak boleh ini tidak boleh ini gitu," kata M Taufik kepada wartawan, Jumat (22/4/2022).

Taufik menyarankan sebaiknya JIS tidak digunakan untuk berkegiatan karena belum diresmikan. Taufik memandang, deklarasi maupun acara perayaan May Day bisa digelar di lokasi lain selain JIS.

"Semestinya ada tata cara menggunakan JIS. Bulan Mei kan JIS belum diresmikan, sebelum diresmikan saya rasa nggak ya, kan belum diresmikan. Kalau sudah diresmikan kan biasanya ada tata caranya nanti," ujarnya.

"Soal deklarasi kan di mana saja bisa," sambungnya.


Rencana May Day di JIS

Sebagaimana diketahui, seratus ribu lebih buruh pada 14 Mei akan merayakan Hari Buruh Internasional atau May Day. Dijelaskan Presiden Konferensi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, ada dua opsi lokasi penyelenggaraan, yaitu antara di Istora Senayan atau Jakarta International Stadium (JIS).

Semula, perayaan Hari Buruh akan dilaksanakan di Gelora Bung Karno (GBK). Namun saat ini di GBK sedang ada renovasi atau pemeliharaan. Mereka menjadikan JIS dan Istora Senayan sebagai alternatif. Dalam acara itu, buruh bakal menyuarakan 11 tuntutan saat perayaan May Day.

"Pada tanggal 14 Mei 2022, Partai Buruh bersama elemen-elemen gerakan buruh dan gerakan lainnya, 4 konfederasi serikat buruh besar, dan 60 federasi serikat pekerja nasional dan Serikat Petani Indonesia menggelar perayaan May Day di Jakarta International Stadium atau Istora Senayan," katanya dalam konferensi pers virtual, Rabu (20/4).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria merespons serikat buruh yang ingin meminjam JIS untuk perayaan Hari Buruh Internasional atau May Day. Riza menyebut pihaknya perlu mengkaji permintaan ini terlebih dahulu.

"Justru itu kita nanti akan pelajari ya. Akan pelajari setiap permintaan dan permohonan dari masyarakat apapun kepentingan nya kita akan pelajari kembali apakah dimungkinkan atau tidak," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (21/4).

Simak juga '1 Mei 2022, Organisasi Serikat Buruh Gelar Aksi di KPU-Bundaran HI':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/yld)