Gerindra Saran May Day Tak Diberi Izin di JIS: Masih Perlu Perawatan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 22 Apr 2022 08:53 WIB
PT Jakarta Propertindo (JakPro) mengungkap progres pembangunan Jakarta International Stadium (JIS). Pembangunan stadion tersebut telah mencapai 98%.
Jakarta International Stadium (JIS) (Rifkianto Nugroho).
Jakarta -

Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta berharap Jakarta International Stadium (JIS) tak dulu digunakan untuk acara Hari Buruh atau May Day seperti rencana massa buruh. JIS disebut masih dalam proses penyelesaian dan perawatan.

"Kalau itu sih sebenarnya hak penuh Pemprov DKI untuk mengizinkan atau pun tidak, tetapi kalau saya boleh memberikan saran, sebaiknya sementara kita sama-sama menjaga serta men-support agar stadion ini selesai berdiri megah sebagaimana seharusnya dan sesuai peruntukannya yaitu sarana olahraga," kata Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Rani Mauliani, saat dihubungi, Kamis (21/4/2022).

Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Rani Mauliani.Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Rani Mauliani. Foto: Dok. Istimewa

Jika memang akan diadakan acara di luar olahraga, lanjutnya, sebaiknya tidak di tahun ini. Rani menilai JIS masih perlu perawatan di tahun pertamanya.

"Mengingat bangunan ini masih fresh dan baru, sehingga butuh perawatan yang mumpuni. Kalau lah nanti dapat digunakan untuk hal-hal lainnya. Ke depan minimal setelah usia bangunannya cukup siap," katanya.

Rani meminta agar setiap orang menjaga JIS yang menjadi stadion kebanggaan masyarakat Jakarta.

"Mari kita sefrekuensi bahwa stadion setara internasional ini jadi stadion kebanggan masyarakat Indonesia, khususnya warga Jakarta. Jadi harus jaga dan lindungi bersama," katanya.

Rencana May Day di JIS

Disebutkan, seratus ribu lebih buruh pada 14 Mei akan merayakan Hari Buruh Internasional atau May Day. Dijelaskan Presiden Konferensi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, ada dua opsi lokasi penyelenggaraan, yaitu antara di Istora Senayan atau Jakarta International Stadium (JIS).

Semula, perayaan Hari Buruh akan dilaksanakan di Gelora Bung Karno (GBK). Namun saat ini di GBK sedang ada renovasi atau pemeliharaan. Mereka menjadikan JIS dan Istora Senayan sebagai alternatif.

"Pada tanggal 14 Mei 2022, Partai Buruh bersama elemen-elemen gerakan buruh dan gerakan lainnya, 4 konfederasi serikat buruh besar, dan 60 federasi serikat pekerja nasional dan Serikat Petani Indonesia menggelar perayaan May Day di Jakarta International Stadium atau Istora Senayan," katanya dalam konferensi pers virtual, Rabu (20/4).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria merespons serikat buruh yang ingin meminjam JIS untuk perayaan Hari Buruh Internasional atau May Day. Riza menyebut pihaknya perlu mengkaji permintaan ini terlebih dahulu.

"Justru itu kita nanti akan pelajari ya. Akan pelajari setiap permintaan dan permohonan dari masyarakat apapun kepentingan nya kita akan pelajari kembali apakah dimungkinkan atau tidak," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (21/4).

Simak video 'Ratusan Ribu Buruh Akan Geruduk DPR pada 14 Mei Nanti':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/jbr)