Jejak AHY-Ibas yang Disindir-Dipuji Menantu Pakde Karwo

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 22 Apr 2022 14:42 WIB
SBY bersama AHY dan Ibas menjenguk Wiranto di RSPAD Gatot Soebroto
AHY dan Ibas (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta -

Bayu Airlangga memutuskan mundur dari Partai Demokrat setelah merasa dizalimi terkait dengan hasil Musda Demokrat Jatim. Dia juga menyindir Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sekaligus berterima kasih kepada Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas. Bagaimana jejak karier politik AHY dan Ibas?

Sebagaimana diketahui, AHY dan Ibas memiliki jejak karier politik yang berbeda. Meskipun Ibas lebih dulu terjun ke politik, saat ini justru AHY yang menjadi Ketum PD.

Berikut ini beda jenjang karier politik AHY dan Ibas:


AHY

AHY terjun ke dunia politik pada 2016. Ketika itu, Partai Demokrat memutuskan mengajukan nama AHY sebagai calon Gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Sylviana Murni untuk Pilgub DKI Jakarta 2017.

Namun kiprah politik AHY tidak berjalan mulus. Dia tersingkir dari perhelatan Pilgub DKI Jakarta setelah kalah dari pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Menjelang Pilpres 2019, AHY kemudian dikukuhkan oleh ayahnya, yang tak lain adalah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sebagai Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma). Saat mengangkat AHY, SBY masih menjabat Ketum Demokrat.

Pilpres 2019 usai, nama AHY digadang-gadang bakal menjadi suksesor SBY. Benar saja, dalam Kongres PD pada Maret 2020, AHY terpilih secara aklamasi sebagai Ketum Partai Demokrat.

Eksistensi Partai Demokrat di kancah perpolitikan Tanah Air masih tak berjalan mulus. SBY sempat dituding sebagai dalam demo rusuh terkait penolakan terhadap omnibus law UU Cipta Kerja. Dan kini eksistensi PD digoyang isu kudeta.

Simak juga 'AHY soal Peluang Duet dengan Anies: Bagian dari Suara Rakyat':

[Gambas:Video 20detik]