Balasan Menohok Fahri ke KSP yang Sindir Anis Matta soal Tersangka Migor

ADVERTISEMENT

Balasan Menohok Fahri ke KSP yang Sindir Anis Matta soal Tersangka Migor

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 22 Apr 2022 11:31 WIB
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah meluncurkan dua buku hasil pemikirannya. Buku tersebut berjudul
Foto: Fahri Hamzah (Lamhot Aritonang)
Jakarta -

Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah berang atas pernyataan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ade Irfan Pulungan, yang menuding Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta membela para tersangka kasus dugaan korupsi ekspor minyak goreng. Fahri Hamzah mengaku heran lantaran tindakan korupsi biasanya dilakukan dari dalam pemerintahan.

"Kalau KSP senangnya menyerang pribadi pengkritik dengan tuduhan membela koruptor dan sebagainya, mana bisa orang di luar kekuasaan korupsi bukankah korupsi itu berasal dari dalam pemerintahan?" kata Fahri Hamzah saat dimintai tanggapan, Jumat (22/4/2022).

Fahri Hamzah menyebut orang-orang yang berada di KSP perlu literasi komunikasi publik yang lebih baik. Menurutnya mereka tidak bisa menangkap pesan yang hendak disampaikan oleh Anis Matta.

"Orang orang KSP ini perlu literasi komunikasi publik yang lebih baik karena mereka tidak bisa menangkap pesan-pesan yang serius dan mendalam dan bisanya cuma berselancar di antara opini saja," ujarnya.

Lebih lanjut, Fahri Hamzah menjelaskan apa yang hendak disampaikan Anis Matta. Dia menyebut Anis Matta sebetulnya ingin mengingatkan agar pemerintah tidak fokus pada seremoni rutin atas penangkapan tersebut, melainkan menyelesaikan persoalan minyak goreng dari hulu.

"Pak ketum itu mengajak untuk memberikan jawaban yang substantif di hulu karena tangkapan hilir ini bisa menjadi ceremony rutin atas kebijakan komoditas Indonesia yang tidak membantu ketahanan pangan nasional jadi beliau mengajak debat kebijakan karena kalau kebijakan tidak tuntas menata maka yang bisa ditangkap di hilir tambah banyak," ujarnya.

Simak video 'DPR Akan Panggil Mendag Terkait Kenaikan Harga Bahan Pokok':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Dia juga meminta agar KSP fokus saja menjelaskan kebijakan pemerintah secara komprehensif agar tidak justru dituduh jadi penyebab terjadinya kelangkaan minyak goreng. "KSP ini suruh agar fokus menjelaskan kebijakan pemerintah secara komprehensif agar tidak dituduh sebagai penyebab terjadinya kelangkaan minyak goreng," imbuhnya.

KSP Tuding Anis Matta Bela Pelaku Minyak Goreng

Untuk diketahui, Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta menyebut penetapan tersangka mafia minyak goreng hanya sebuah gimik. Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ade Irfan Pulungan, heran atas pernyataan Anis Matta.

"Kita berpikir, apakah pernyataan Anis ini membela pelaku atau oknum patut diduga bermain dalam minyak goreng ini? Atau malah dia kenal dengan yang patut diduga dalam permainan minyak goreng itu," kata Ade Irfan saat dihubungi, Kamis (21/4).

Ade menilai, tuduhan Anis tidak berdasar. Apa yang dilakukan pemerintah maupun Kejaksaan Agung adalah untuk mengatasi masalah kelangkaan dan naiknya harga minyak goreng dan melakukan proses penegakan hukum.

"Tuduhan yang sangat tidak ada dasarnya. Karena justru pemerintah sekarang ini memang sedang melakukan investigasi. Sedang melakukan kajian serius soal kelangkaan minyak goreng yang luar biasa," ujarnya.

Ade mengatakan para mafia minyak goreng pantas untuk diproses hukum. Sebab, kelangkaan minyak berdampak kepada semua pihak.

"Faktanya ini ada diduga ada permainan yang dilakukan oleh beberapa oknum untuk mendapatkan keuntungan materi. Tidak boleh orang melakukan peran dengan merugikan atau menyengsarakan masyarakat," katanya.

(maa/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT