ADVERTISEMENT

Istana Jelaskan Momen Jokowi Dengar Curhat Histeris Pedagang di Bogor

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 22 Apr 2022 10:37 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat pengaduan langsung dari pedagang Pasar Bogor soal maraknya praktik pungutan liar (pungli). (Screenshot video viral)
Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat pengaduan langsung dari pedagang Pasar Bogor soal maraknya praktik pungutan liar (pungli). (Screenshot video viral)
Jakarta -

Momen pedagang curhat histeris kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal pungli di pasar Bogor menyita perhatian. Istana menjelaskan awal mula peristiwa tersebut.

"Betul, kemarin ada warga masyarakat yang mengadu kepada Presiden di Pasar Bogor, Kota Bogor saat Presiden menyerahkan Bansos di pasar tersebut," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin kepada wartawan, Jumat (22/4/2022).

Bey menjelaskan peristiwa warga mengadu kepada Jokowi merupakan hal biasa. Hal itu juga terjadi saat Jokowi melakukan kunjungan kerja ke daerah lain.

"Dan Presiden selalu berusaha merespons dengan cepat hal yang disampaikan masyarakat kepada dirinya," ujar Bey.

"Misalnya saat meninjau lahan jeruk di Sumatera Utara, Presiden menelpon langsung Menteri Pertanian karena masalah yang disampaikan berkaitan dengan pertanian. Kemudian saat kemarin berkunjung ke kampung nelayan, Presiden menelepon Menteri Agraria dan Tata Ruang karena terkait dengan status lahan," sambung Bey.

Perihal kejadian pedagang mengadu ke Jokowi di Bogor, Bey mengatakan Jokowi telah meminta penjelasan dari Kapolda Jawa Barat. Selain itu, pihak kepolisian juga disebut sudah memberikan keterangan ke publik mengenai kasus yang diadukan.

"Kemarin, Presiden langsung meminta Sekretaris Kabinet yang memang tengah mendampingi untuk mencatat hal yang disampaikan warga dan juga meminta Kapolda Jawa Barat untuk mencari kejelasan dari kasus tersebut. Kemarin juga pihak Kepolisian sudah menjelaskan kepada media hal yang diadukan warga tersebut," imbuh Bey.

Lebih lanjut, Bey menjelaskan kunjungan kerja Jokowi ke daerah sebenarnya bukan hanya untuk menyapa atau membagikan bantuan sosial. Tetapi yang lebih penting Jokowi mendengarkan masukan langsung dari masyarakat.

"Sehingga saat memimpin rapat dengan Para menteri, Presiden paham betul kondisi di lapangan sehingga bisa memerintahkan menteri untuk menyusun program yang memang sesuai dengan kebutuhan masyarakat," ujar Bey.

Simak video 'Momen Pedagang Pasar di Bogor Histeris Saat Curhat Pungli ke Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



Halaman selanjutnya tentang momen Jokowi dengar curhatan pedagang.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT