Kian Panjang Seteru Hotman Paris Vs Otto Hasibuan

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 22 Apr 2022 04:30 WIB
Hotman Paris
Foto: Hotman Paris (Dok. Ahsan/detikcom)
Jakarta -

Perseteruan antara pengacara kondang Hotman Paris Hutapea dengan Ketum Peradi Otto Hasibuan kian panjang. Usai Hotman Paris mengundurkan diri dari anggota Peradi, kini muncul persoalan baru, yaitu putusan Mahkamah Agung (MA) yang membatalkan perubahan Anggaran Dasar Peradi terkait dengan masa jabatan tiga periode Ketum Peradi.

Awalnya, Hotman Paris mundur sebagai anggota Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi). Hotman menyebut dengan dibatalkannya perubahan Anggaran Dasar Peradi terkait dengan masa jabatan tiga periode Ketum Peradi itu, maka menurutnya, kepengurusan yang ditunjuk menjadi tidak sah.

Diketahui perubahan Anggaran Dasar tersebut menurut Hotman, menjadi dasar kepengurusan DPN Peradi yang saat ini dipimpin Otto Hasibuan.

"Ternyata alasan anggaran dasar itu benar-benar kemarin terbukti, ternyata sudah ada kasus berjalan. Pengacara pinggiran namanya Alamsyah menggugat keabsahan anggaran dasar versi Otto itu di PN Lubuk Pakam dan menang. PN Lubuk Pakam mengatakan Peradi versi Otto melakukan perbuatan melawan hukum karena mengubah anggaran dasar bukan melalui munas, tapi melalui rapat pleno," kata Hotman di Kantor Dewan Pengacara Nasional (DPN) Indonesia, Jakarta Selatan, Selasa (19/4/2022).

"Putusan PN Lubuk Pakam dikuatkan lagi oleh PN Medan yang sangat mengejutkan kok bisa pas waktunya tanggal 18 April 2022. Mahkamah Agung dengan Putusan Nomor 977 PDT 2022 tanggal 18 April menguatkan putusan PN Lubuk Pakam, PN menolak kasasi dari Peradi Otto. Artinya apa? Anggaran dasar dari Peradi tidak sah, berarti seluruh pengurus yang ditunjuk berdasarkan itu menjadi tidak sah," tambahnya.

Hotman pun menyampaikan salam perpisahan kepada Otto atas keluarnya putusan kasasi dari Mahkamah Agung. Dia juga menyampaikan alasannya bergabung dengan DPN Indonesia, salah satunya karena Hotman sudah mengajar cukup lama di DPN Indonesia.

"Sekali lagi dengan putusan kasasi Mahkamah Agung tersebut, saya mengucapkan, 'Goodbye, Otto Hasibuan.' Dengan putusan kasasi nomor 997 K 2022, saya mengucapkan 'goodbye' kepada Otto Hasibuan sebagai Ketua Umum Peradi," ujar Hotman.

"Kebetulan saya melihat DPN Indonesia sudah lengkap perizinannya dan juga masih idealis semuanya, masih muda-muda dan saya sudah mengajar di sini puluhan kali angkatan PKPA, makannya saya yakin ini prospeknya masih bagus, belum tercemari," jelas Hotman.

Hotman Paris disebut sudah resmi dinyatakan bergabung ke DPN Indonesia. Hal itu disampaikan oleh Presiden DPN Faizal Hafied.

Simak video 'Hotman Paris Jawab Tudingan Tak Damaikan Hotma Sitompul-Desiree':

[Gambas:Video 20detik]