Pantau Progres Proyek Jalan di OKU Timur, Ini Pesan Gubernur Sumsel

Atta Kharisma - detikNews
Kamis, 21 Apr 2022 23:09 WIB
Pemprov Sumsel
Foto: Dok. Pemprov Sumsel
Jakarta -

Di sela kunjungan kerjanya ke Kabupaten OKU Timur, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru secara spontanitas meninjau sejumlah infrastruktur jalan dan jembatan. Salah satunya ruas jalan penghubung antara Kabupaten OKU Timur yang terletak di Desa Campang Tiga Kecamatan Cempaka dan Kabupaten Ogan Ilir di Desa Muara Kuang.

Jalan sepanjang puluhan kilometer tersebut digadang-gadang menjadi salah satu infrastruktur yang sangat dibutuhkan masyarakat. Selain mengoneksikan dua kabupaten, jalan penghubung tersebut dinilai akan mempercepat akses mobilitas sehingga mendongkrak ekonomi masyarakat yang rata-rata berprofesi sebagai petani.

"Salah satu contoh adalah jalan dari Palembang menuju Campang Tiga ini. Dulu perjalanan harus ditempuh 4 hingga 5 jam, tapi saat ini Cuma butuh waktu 2 jam saja sudah bisa," tutur Herman Deru dalam keterangan tertulis, Kamis (21/4/2022).

Ia mengatakan akses jalan di Sumsel perlahan-lahan terus mengalami peningkatan. Daerah yang sebelumnya tidak terhubung, saat ini sudah terkoneksi.

"Banyak peningkatan akses yang saat ini telah dilakukan sehingga mempercepat mobilitas masyarakat. Saya minta ini terus dijaga," ujarnya.

Herman menjelaskan upaya yang dilakukan dalam membangun dan meningkatkan infrastruktur jalan tersebut merupakan reward dari pemerintah untuk masyarakat.

"Jalan yang baik ini merupakan timbal balik atas kepatuhan masyarakat membayar pajak. Artinya pajak yang dibayarkan tersebut memang untuk kesejahteraan masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, Camat Cempaka Arisman mengaku terbukanya akses jalan tersebut memang sangat diharapkan masyarakat.

"Tentu jalan ini memang telah lama diidamkan masyarakat. Dengan adanya jalan ini, akses distribusi hasil pertanian masyarakat akan semakin cepat," ungkapnya.

Ia menambahkan progres akses jalan sepanjang kurang lebih 25 kilometer tersebut saat ini sedang dalam tahap pengecoran.

"Kita berharap ini dapat selesai lebih cepat. Kita juga mengucapkan terima kasih atas pembangunan yang dilakukan pak Gubernur," pungkas Arisman.

Turut mendampingi dalam peninjauan tersebut Bupati OKU Timur H Lanosin, Wakil Bupati OKU Timur H M Adi Nugraha Purna Yudha, Kapolres OKU Timur AKBP Nuryono, Komisaris Independen BSB Noversa, Direktur Penjamin PT Jamkrida Irwansyah dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel serta Pemkab OKU Timur.

(akn/ega)