Gubernur Sumsel Kembali Bantu Bedah Rumah Warga Gang Lama di Plaju

Atta Kharisma - detikNews
Kamis, 21 Apr 2022 22:47 WIB
Pemprov Sumsel
Foto: Dok. Pemprov Sumsel
Jakarta -

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru kembali melanjutkan program beda rumah bagi warga kurang mampu yang ada di sekitar Kota Palembang. Salah satunya, rumah warga yang bermukim di Gang Lama, Kelurahan Bagus Kuning, Kecamatan Plaju, Palembang.

Guna memastikan kondisi rumah yang akan dibedah, Herman meninjau langsung ke lokasi rencana bedah rumah tersebut pada Senin (18/4) siang. Hasil tinjauan di lapangan menemukan sebanyak 45 unit rumah yang dinyatakan layak dan memenuhi syarat administrasi untuk dibedah sehingga menjadi rumah layak huni.

"Dari hasil kajian ada 45 unit rumah warga yang memenuhi syarat untuk dibedah menjadi rumah layak huni lengkap dengan sanitasinya," ungkap Herman dalam keterangan tertulis, Kamis (21/4/2022).

Berdasarkan temuan tersebut, Herman menyebutkan biaya yang akan dialokasi untuk membedah 45 rumah tersebut berkisar Rp 40 juta/unit. Namun, ia mengaku masih banyak rumah tak layak huni yang terkendala di administrasi, seperti surat kepemilikan tanah yang belum jelas.

"Saya minta kepada warga kalau ingin masuk program bedah rumah ini, agar diajukan dengan menyertakan administrasi lengkap termasuk surat menyurat kepemilikan yang sah sehingga dapat diproses lebih lanjut," jelasnya.

Herman menyampaikan rumah warga yang dibedah akan menjadi rumah sehat hingga lengkap dengan fasilitas sanitasinya. Dengan demikian, akan memberikan efek baik bagi anak-anak untuk dapat belajar di rumah dengan lingkungan yang lebih nyaman.

"Bukan hanya tempat tinggal saja yang harus memenuhi standar layak. Namun juga asupan makan bagi anak-anak juga harus diberikan agar tidak mengalami stunting," tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Herman juga memberikan santunan untuk pengobatan salah satu warga pengidap mata katarak.

"Momen bulan puasa ini merupakan saat yang tepat bagi kita untuk berbagi. Karena itu warga disini juga bukan kita jadikan sasaran untuk program bedah rumah namun juga kita berikan bantuan. Semoga dapat meringankan beban mereka," tuturnya.

Sejumlah warga Plaju yang rumahnya akan dibedah pun mengucapkan syukur dan berterima kasih pada Herman. Salah satunya Hawidah (56) yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Herman karena telah menjadikan wilayah setempat sebagai lokasi bedah rumah dan kegiatan bakti sosial.

"Terima kasih pak Gubernur atas program bedah rumah ini, semoga pak Gubernur dan keluarga sehat, panjang umur, murah rezeki," pungkas ibu dua anak ini.

Turut dalam rombongan Herman Deru saat meninjau kawasan tersebut Plh Asisten III Bidang Administrasi dan Umum H Dharma Budi, Kepala Dinas PU Perkim Sumsel Basyaruddin Akhmad, Kepala Dinas Kominfo Sumsel Achmad Rizwan, Karo Humas dan Protokol Rika Efianti dan sejumlah pejabat penting lainnya.

(akn/ega)