Lagi, Gubernur Sumsel Raih Top Pembina di Ajang TOP BUMD Awards 2022

Atta Kharisma - detikNews
Kamis, 21 Apr 2022 21:30 WIB
Pemprov Sumsel
Foto: Dok. Pemprov Sumsel
Jakarta -

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru kembali menambah koleksi penghargaan tingkat nasional. Bapak Pembangunan Sumsel ini kembali terpilih sebagai Gubernur Pembina BUMD 2022 yang diberikan Majalah Top Business dalam ajang TOP BUMD Awards 2022.

Ini adalah kali ketiga bagi Herman menerima penghargaan tersebut. Sebelumnya, ia menerima penghargaan Gubernur Pembina BUMD pada tahun 2020 dan 2021.

Penghargaan TOP BUMD Awards juga diberikan kepada BUMD Sumsel yakni Bank BPR, Jamkrida dan Bank Sumsel Babel, yang diterima langsung oleh Wakil Gubernur Mawardi Yahya di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (20/4) siang.

Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2022 M. Lutfi Handayani mengatakan ajang ini merupakan kelanjutan dari tahun-tahun sebelumnya. Adapun tema yang diangkat tahun ini adalah 'Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD yang Berkelanjutan'.

"Kita berharap, agar Manajemen BUMD tidak hanya mengejar kinerja bisnis tahunan atau dalam jangka pendek saja, tapi juga melakukan investasi agar bisnis BUMD dapat tumbuh berkelanjutan dalam jangka panjang," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (21/4/2022).

Ia menjelaskan pemberian penghargaan tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Majalah Top Business dengan sejumlah lembaga seperti Institut Otonomi Daerah (I-Otda), Lembaga Kajian Nawacita (LKN), SGL Management, Sinergi Daya Prima, Dwika Consulting, Melani K. Harriman and Associates, Solusi Kinerja Bisnis (SKB), Yayasan Pakem, Dosen Pengajar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran dan beberapa lembaga lainnya.

"Beberapa BUMD ternama, tercatat sebagai BUMD yang paling top dan terbaik di Indonesia mendapatkan penghargaan ini," tutur Lutfi.

Sementara itu, Mawardi Yahya menyampaikan penghargaan yang diterima Pemprov Sumsel kali ini merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi dari semua lembaga di bawah binaan Gubernur Herman Deru yang memberikan apresiasi khusus pada Bank BPR, Jamkrida dan Bank Sumsel Babel yang tetap survive dalam menghadapi dampak Pandemi Covid-19.

"Penghargaan yang diterima ini merupakan bukti bahwa BUMD di Sumsel mampu tumbuh secara sehat meski diterpa badai pandemi. Kita juga harapkan ke depan BUMD ini untuk terus berbenah dalam memberikan yang terbaik bagi kemajuan Sumsel di berbagai sektor," pungkasnya.

Di lain pihak, Ketua Dewan Juri TOP BUMD Awards 2022 Djohermansyah Djohan menjelaskan kriteria penilaian yang digunakan Dewan Juri dalam TOP BUMD Awards 2022 diantaranya aspek pencapaian kinerja bisnis, baik dan berkelanjutan (achievement). Kemudian aspek yang kedua adalah, BUMD yang terus melakukan perbaikan (improvement).

Ketiga, aspek kontribusi dalam pembangunan daerah. Terakhir, aspek strategi/inovasi untuk mendukung bisnis di masa Pandemi/Kenormalan Baru.

(akn/ega)