Gubernur Sumsel Raih 2 Penghargaan di Anugerah Adinata Syariah 2022

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Jumat, 15 Apr 2022 11:46 WIB
Pemprov Sumsel
Foto: Dok. Pemprov Sumsel
Jakarta -

Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di bawah kepemimpinan Herman Deru mendapatkan dua penghargaan sekaligus dalam ajang Anugerah Adinata Syariah 2022 yang digelar Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS). Adapun kedua penghargaan tersebut untuk kategori Pendidikan Ekonomi Syariah dan Kategori Pemberdayaan Ekonomi Pesantren.

Secara simbolis, penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin kepada Sekda Sumsel H SA Supriono didampingi Karo Ekonomi Pemprov Sumsel Afrian Joni dan Dirut Bank Sumsel Babel Achmad Syamsudin di Ballroom Kempinski Grand Ballroom Jakarta, Kamis (14/4).

Terkait penghargaan ini, Herman Deru menyampaikan pihaknya bersama sejumlah lembaga perbankkan akan terus berupaya mengedukasi masyarakat terkait manfaat ekonomi kerakyatan secara syariah.

"Masyarakat kita tentu membutuhkan pencerahan atau edukasi, bagaimana konsep yang dijalankan. Utamanya dalam rangka membangun kerakyatan secara syar'i," ujar Herman Deru dalam keterangan tertulis, Jumat (15/4/2022).

Ia menyebut Pemerintah Sumsel telah memiliki berbagai program untuk memajukan ekonomi syariah. Beberapa di antaranya seperti Bank Wakaf Mikro, Program Rumah Tahfidz dan membuat ribuan pondok pesantren di 17 kabupaten/kota.

"Ini juga menjadi bagian tanggung jawab untuk diberikan pemahaman terkait ekonomi syariah," katanya.

Sementara itu, Supriono menyebut penghargaan ini merupakan penghargaan pertama kalinya. Bahkan, lanjutnya, Sumsel termasuk pendatang baru yang dinilai KNEKS berhasil dalam pengelolaan ekonomi syariah.

"Kita bersyukur atas diterimanya penghargaan Adinata Syariah. Ini membuktikan pada daerah lain bahwa menerapkan ekonomi syariah di Sumatera Selatan sendiri sudah berjalan dengan baik dibawa nakhoda Gubernur Herman Deru," katanya.

Ia pun menambahkan anugerah merupakan kontribusi besar Sumsel dalam percepatan pertumbuhan ekonomi syariah dan industri halal di Tanah Air.

Di sisi lain, pihak Chairman Infobank, Eko B Supriyanto menyebut terdapat 7 kategori anugerah yang diberikan kepada 21 pemerintah provinsi se-Indonesia. Kategori ini meliputi keuangan syariah, industri halal, keuangan sosial syariah. Ada pula keuangan mikro syariah, pendidikan ekonomi syariah, pemberdayaan ekonomi pesantren, serta kategori sektor ekonomi hijau dan berkelanjutan.

"Pemberian anugerah ini penting dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah serta industri halal di Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya, Ma'ruf Amin secara virtual menyampaikan Indonesia memiliki kekuatan dan peluang untuk menjadi pusat produsen halal terkemuka dunia.

"Menilik prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah kondisi global yang perlu diantisipasi, secara khusus saya ingin menggarisbawahi beberapa kekuatan dan peluang mewujudkan visi Indonesia sebagai pusat produsen halal terkemuka dunia," pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam acara ini, sejumlah kepala daerah di Indonesia lainnya juga menerima penghargaan di antaranya Provinsi Jawa Timur, Jabar, Riau, DKI Jakarta dan Nangroe Aceh Darussalam.

(akn/ega)