ADVERTISEMENT

Peringati Hari Kartini, Kader Perempuan PPP Ziarah ke Makam Kartini

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Kamis, 21 Apr 2022 20:28 WIB
PPP
Foto: Dok. PPP
Jakarta -

Kader perempuan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) melakukan ziarah ke makam Raden Ajeng Kartini di Rembang, Rabu (20/4). Wasekjen PPP, Chairunnisa Yusuf menyampaikan ziarah tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kartini.

"Ini dilakukan dalam memperingati Hari Kartini dan mengingat kembali spirit perjuangan beliau dalam memperjuangkan hak-hak perempuan serta kesetaraan dalam memperoleh pendidikan," jelas Chairunnisa dalam keterangan tertulis, Kamis (21/4/2022).

Chairunnisa menilai Kartini merupakan sosok wanita yang telah menumbuhkan banyak perjuangan baru di bidang pendidikan. Menurutnya, Kartini juga menjadi inspirator yang memperjuangkan pengakuan kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan di Indonesia.

"Spiritnya tidak hanya ingin mencerdaskan kaum perempuan tetapi mencerdaskan anak-anak bangsa generasi penerusnya," katanya.

Lebih lanjut, Chairunnisa menjelaskan salah satu bukti spirit perjuangan Kartini dalam mewujudkan kesetaraan kaum perempuan Indonesia saat ini terwujud melalui Pengesahan RUU TPKS menjadi UU. Ia pun berharap semangat ini terus dilanjutkan oleh para perempuan Indonesia.

"Kita berharap, spirit perjuangan Kartini terus hadir pada generasi perempuan Indonesia," jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPP PPP Atik Heru Maryati mengatakan ada banyak hal yang dapat diteladani dari sosok Kartini. Salah satunya sifat konsistensi Kartini dalam memperjuangkan emansipasi perempuan.

"Berkat perjuangannya itu, saat ini banyak perempuan Indonesia banyak berperan di berbagai sektor," ungkapnya.

Mengenai hal ini, Atik pun mengingatkan buah pemikiran Kartini pada buku 'Habis Gelap Terbitlah Terang' terinspirasi oleh salah satu ayat Al-Qur'an, atau tepatnya pengalaman religiusnya. Untuk itu, ia meminta para kader perempuan PPP agar bisa dapat meneladani hal tersebut.

"Sehingga tidak ada alasan lagi bagi kita sebagai seorang muslim juga bisa meneladaninya. Kita berharap para kader perempuan PPP juga bisa terinspirasi dari buah pemikiran dan perjuangannya," tandasnya.

Diketahui, pada kegiatan tersebut, hadir pula Ketua DPP PPP Noor Fitri Ani Gayo, Yunus Razak beserta istri, serta istri Bupati Rembang Hasiroh Hafidz.

(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT