Sosok Sosrokartono di Balik Pemikiran Emansipatif RA Kartini

Dian Utoro Aji - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 15:01 WIB
Makam kakak RA Kartini, Sosrokartono di Jepara. Sosrokartono disebut merupakan sosok di balik pemikiran inspiratif RA Kartini.
Makam kakak RA Kartini, Sosrokartono di Jepara (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Jepara -

Raden Ajeng Kartini diperingati sebagai pahlawan nasional setiap tanggal 21 April. Ternyata ada sosok sang kakak RMP Sosrokartono yang menjadi pemantik pemikiran RA Kartini. Seperti apa kisahnya?

Kakak RA Kartini, Sosrokartono dimakamkan di kompleks dengan makam keluarga Sedo Mukti trah Tjondronegoro di Desa Kaliputu Kecamatan Kota, Kudus. Pria kelahiran 10 April 1877 di Mayong, Kabupaten Jepara itu wafat pada tanggal 8 Februari 1952.

"Ini tanah wakaf milik hak keluarga pribadi buyutnya Bu Kartini yang bernama Kanjeng Kiai Adipati Aryo Tjondronegoro III, bupati Kudus yang ketiga," kata juru kunci makam Raden Mas Panji (RMP) Sosrokartono, Temu Sunarto saat ditemui detikcom di lokasi, Rabu (21/4/2021).

"Mempunyai tanah seluas 2 hektare untuk wakaf keturunan sampai sekarang. Jadi di sini, makam dari tahun 1837 buyutnya Adipati Kudus-Pati dengan usianya 27 tahun dan istrinya tiga (dimakamkan di sini)," lanjut Sunarto.

Sunarto mengatakan Sosrokartono dan RA Kartini dilahirkan dari pasangan suami istri RM Adipati Ario Sosroningrat dengan Ngasirah. Kartono, demikian nama kecilnya, merupakan anak nomor tiga sedangkan Kartini anak nomor empat dari delapan bersaudara.

"Bupati Jepara Kanjeng Sosroningrat beristri Mbah Ngasirah. Waktu itu baru menjabat Wedono Mayong. Kartono lahir ayahnya masih menjabat Wedono Mayong. Jadi sama Bu Kartini terpaut dua tahun usianya. Bupati sama Bu Ngasirah punya anak jumlahnya delapan, Kartono nomor 3, Kartini nomor 4," ungkapnya.

Sunarto menyebut Kartono menjadi sosok pembimbing dan inspirasi bagi RA Kartini. Sosok Sosrokartono pun disebut sederhana dan tidak mau terkenal.

"Hubungan kakak adik, ceritanya kenapa Kartini muncul, saya sekilas saja, yang muncul Kartini bukan Kartono. Kartono orangnya sederhana, terkenal itu tidak mau," jelasnya.

"Jadi intinya itu dorongan dari kakaknya sendiri. Kalau Jawanya itu bilang, 'Ndhuk (dik), kamu yang tinggi (mendorong memberikan semangat terlepas adat perempuan bumiputera saat itu), aku yang biasa'. Bu Kartini muncul biar suara emansipasi wanita muncul disuarakan," lanjutnya.

Sunarto menyebut sejak kecil Sosrokartono sudah memperlihatkan kecerdasannya. Bahkan di usia tiga tahun, Sosrokartono disebut mampu mengetahui ayahnya akan pindah ke Kota Jepara menjadi bupati.

"Sosro sejak kecil ada sosok namanya Sosrokartono sudah tahu sebelum terjadi. Ceritanya bapaknya baru menjabat Wedono Mayong, Sosrokartono bilang bapak sebentar lagi pindah Jepara. Sambil menunjuk arah barat, karena lokasi Jepara di barat," jelasnya.

Pernyataan Sosrokartono pun terbukti, ayahnya kemudian dilantik menjadi Bupati Jepara dengan gelar Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat. Sosrokartono kecil pun pindah ke Jepara dan bersekolah hingga ke Belanda. Sosrokartono juga dikenal memiliki keahlian poliglot atau menguasai 36 bahasa.

"Terus pindah ke Jepara. Mbah Sosrokartono sekolah hingga sampai ke Leiden Belanda. Pada saat itu Indonesia belum merdeka. Di sana belajar cari ilmu, Sosrokartono tidak ada tiga tahun sudah lulus, sudah lulus masih di sana. Yang kemudian menguasai 36 bahasa, terdiri dari 26 luar negeri 10 dalam negeri. Sebanyak 26 luar negeri berbagai macam bahasa," urai Sunarto.


Sunarto menuturkan ketika Indonesia akan merdeka, Sosrokartono pulang ke Indonesia. Sunarto menyebut Sosrokartono juga turut berjuang bersama Soekarno demi kemerdekaan Indonesia. Sosok Sosrokartono disebut menjadi seorang guru bagi Ir Sukarno pada saat itu.

"Jawa (Indonesia) mau merdeka, Sosrokartono pulang ke Jawa, namun tidak ke Jepara melainkan ke Bandung. Dia juga ikut dalam perintis kemerdekaan ada Mbah Sosrokartono, cuma tidak mau disebutkan namanya. Jarang yang tahu, beliau ini tokoh nasional. Sukarno setiap saat singgah ke Bandung, istilahnya ketemu minta restu sama Eyang Sosrokartono," jelasnya.

Selengkapnya tentang sosok Sosrokartono yang disebut menjadi inspirasi RA Kartini...

Selanjutnya
Halaman
1 2