ADVERTISEMENT

Buruh Ancam Demo Lagi Bawa 50 Ribu Orang Jika Tuntutan Tak Dipenuhi

Wildan Noviansah - detikNews
Kamis, 21 Apr 2022 19:45 WIB
Perwakilan buruh menyebut sebanyak 50 ribu orang akan kembali demo jika tuntutan hari ini tidak dipenuhi. (Wildan Noviansah/detikcom)
Perwakilan buruh menyebut sebanyak 50 ribu orang akan kembali demo jika tuntutan hari ini tidak dipenuhi. (Wildan Noviansah/detikcom)
Jakarta -

Perwakilan massa buruh dan mahasiswa telah melakukan mediasi dan menyampaikan aspirasi kepada perwakilan DPR RI. Buruh menyebut 50 ribu orang akan turun kembali jika tuntutan tidak dipenuhi.

"Nanti untuk aksi besar-besaran dari berbagai sektor, kaum buruh, tani, miskin kota, perempuan, mahasiswa, pelajar akan kembali turun ke jalan ketika pemerintah, termasuk DPR, tidak mengindahkan apa yang menjadi tuntutan rakyat," kata Ketua Umum KASBI Nining Elitos di depan gedung DPR RI, Kamis (21/4/2022).

"Kita akan berkonsolidasi dan akan melakukan aksi. Untuk saat ini kita rencanakan 20-50 ribu rakyat akan turun ke jalan," sambungnya.

Nining mengatakan rencananya aksi unjuk rasa ini akan digelar pada 21 Mei mendatang serentak di berbagai daerah.

Sebelumnya, 15 orang perwakilan massa buruh dan mahasiswa telah menyampaikan tuntutan kepada mereka kepada perwakilan DPR. Mereka bertemu Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad.

"Kami tadi menyampaikan tuntutan kepada DPR. Artinya, sejak dari awal dan kemudian situasi kondisi hari ini, banyak penolakan yang dilakukan masyarakat. Seharusnya rezim hari ini memperhatikan apa yang menjadi tuntutan rakyat mayoritas," kata dia.

Terkait tuntutan yang diajukan, Nining menilai pemerintah dan DPR harusnya bisa serius menyelesaikannya.

"Itu menjadi perhatian serius bagi kita, pemerintah dan DPR harusnya merespons itu dengan cepat dan mendengarkan apa yang menjadi tuntutan rakyat," kata dia.

Setelah diberikannya tuntutan tertulis kepada DPR, Nining mengatakan pihaknya akan terus memantau.

"Kita melihat ke depan apakah DPR yang mewakili rakyat, representatif rakyat, duduk di kursi DPR itu kan suara rakyat. Seharusnya mereka mengabdi apa yang menjadi kepentingan rakyat. Kita kan sudah menyampaikan, kita akan melihat ada nggak respons positif yang diberikan pemerintah dan wakil rakyat," pungkasnya.

Simak juga video 'Demo 21 April, Mahasiswa Bawa Tujuh Tuntutan ke Presiden Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT