Polda Metro: Ada yang Diamankan di Demo 21 April, Masih Diperiksa

Anggi Muliawati - detikNews
Kamis, 21 Apr 2022 19:36 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan menyatakan pihaknya mengamankan beberapa orang terkait demo 21 April 2022. Saat ini mereka masih diperiksa polisi.

"Kita tadi mengamankan. Saat ini sedang kita periksa. Saya rasa itu upaya yang dilakukan untuk menerobos barikade yang kita lakukan. Tentunya sekarang masih kita lakukan pemeriksaan," kata Zulpan kepada wartawan di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (21/4/2022).

Zulpan belum mengetahui berapa jumlah pendemo yang diamankan karena masih dilakukan pendataan.

"Kalau total keseluruhan belum bisa saya sampaikan karena masih mendata, Nanti mungkin setelah kegiatan ini berakhir, kan saat ini masih kita data baik dalam sekitaran Monas," katanya.

Saat ini polisi masih memeriksa beberapa pendemo. Jika dari pemeriksaan terindikasi melakukan pidana, selanjutnya akan diproses lebih lanjut.

"Kemudian apabila nanti ada terindikasi pelanggaran-pelanggaran pidana, tentunya akan dibawa ke Polda Metro. Nanti kita akan update terkait pelanggaran itu," katanya.

Lebih lanjut Zulpan mengatakan mereka yang diamankan bukan bagian dari massa aksi. Dia menyebut elemen yang telah memberikan pemberitahuan telah difasilitasi oleh mereka.

"Tapi secara umum yang kita amankan itu adalah orang-orang yang tidak merupakan bagian kelompok yang memiliki pemberitahuan untuk melakukan unjuk rasa hari ini," katanya.

"Kalau orang-orang ini yang memiliki pemberitahuan dalam suatu kelompok elemen, baik mahasiswa maupun buruh, kita fasilitasi. Tapi yang kita amankan tadi beberapa orang yang memang mereka mencoba ikut-ikutan kegiatan ini. Kita khawatirkan ini bisa jadi pemicu kerusuhan," lanjutnya.

Simak video 'Demo 21 April, Mahasiswa Bawa Tujuh Tuntutan ke Presiden Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



Baca di halaman selanjutnya: provokator diamankan di Patung Kuda