ADVERTISEMENT

Demo di DPR, Perwakilan Massa Buruh Diterima Temui Dewan Sampaikan Tuntutan

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 21 Apr 2022 16:12 WIB
Sejumlah perwakilan massa demo diterima masuk ke dalam gedung DPR.
Sejumlah perwakilan massa demo diterima masuk ke dalam gedung DPR. (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Aksi demo massa buruh dan mahasiswa berlangsung di depan gedung DPR, Jakarta Pusat. Sejumlah perwakilan massa demo diterima masuk ke dalam gedung DPR.

Pantauan di lokasi, Kamis (21/4/2022), ada 15 orang demonstran yang masuk ke dalam gedung DPR. Perwakilan demonstran itu termasuk Ketua Umum Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Nining Elitos.

Belum diketahui siapa yang akan ditemui perwakilan demonstran tersebut. Namun mereka disebut bakal bertemu dengan perwakilan Dewan untuk menyerahkan tuntutan para massa aksi demo hari ini.

Saat ini 15 demonstran telah masuk ke dalam area gedung DPR. Sementara di luar gedung massa demonstran masih memadati ruas Jalan Gatot Subroto. Massa yang tergabung dalam aliansi buruh sebelumnya sudah tiba di depan gedung MPR/DPR RI. Mereka menggelar aksi demo 21 April.

Satu per satu peserta aksi mulai tiba di depan gedung MPR/DPR RI. Terlihat beberapa dari mereka menggunakan pakaian serikat buruh.

Kemudian, beberapa dari mereka juga membawa atribut berupa spanduk. Salah satu spanduk tersebut bertulisan 'Turunkan Harga Minyak!'.

Salah satu peserta juga terlihat membawa poster bertulisan 'Kembali ke UUD 45 dan Pancasila'. Demo hari ini terpusat di kawasan Patung Kuda dan depan gedung DPR. Setidaknya ada tujuh tuntutan yang disampaikan dalam demo hari ini.

Berikut tujuh tuntutan yang akan disampaikan di demo hari ini:

1. Tindak tegas para penjahat konstitusi dan tolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden
2. Turunkan harga kebutuhan pokok dan atasi ketimpangan ekonomi
3. Menindak tegas segala tindakan represif terhadap masyarakat sipil dengan mekanisme yang ketat dan tidak diskriminatif
4. Wujudkan pendidikan ilmiah, gratis, dan demokratis
5. Sahkan RUU pro rakyat, tolak RUU pro oligarki
6. Wujudkan reforma agraria sejati
7. Tuntaskan seluruh pelanggaran HAM.

Simak Video 'Demo di DPR, Buruh Singgung Mendag Lutfi Lewat Orasi-Poster':

[Gambas:Video 20detik]




(ygs/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT