Mahfud Percaya Panda Nababan soal 4 Menteri Nyatakan Maju Pilpres ke Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 21 Apr 2022 13:38 WIB
Jakarta -

Politikus senior PDIP Panda Nababan beberapa waktu lalu mengaku pernah diceritakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa ada 4 menteri yang sudah menyatakan mau maju di Pilpres 2024. Menko Polhukam Mahfud Md percaya kepada Panda Nababan.

Mahfud Md, dalam Adu Perspektif yang disiarkan detikcom berkolaborasi dengan Total Politik, Rabu (20/4/2022), menyebut dirinya tak masuk daftar menteri yang ditanya oleh Presiden Jokowi apakah ingin maju di Pilpres 2024. Mahfud sempat bercanda soal alasan mengapa tak ditanya Jokowi.

"Nggak, saya termasuk yang tidak ditanya, karena mungkin saya nggak punya potongan dan saya tidak tanya juga. He-he-he. Tetapi saya mendengar itu, membaca itu," katanya.

Mahfud memang tak lugas menyatakan bahwa yang disampaikan Panda Nababan adalah fakta. Namun Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menyatakan percaya kepada Panda Nababan.

"(Saya) membaca itu, dan saya percaya," ucap Mahfud.

Adapun 4 menteri yang menurut Panda Nababan sudah menyatakan mau maju pilpres ke Presiden Jokowi, yakni Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno.

Mahfud lalu menceritakan hubungan Panda Nababan dengan Presiden Jokowi. Dia menyebut Panda Nababan selalu mampir ke kantornya setelah bertemu Jokowi.

"Panda Nababan itu sangat sering berkomunikasi dengan Pak Jokowi. Saya tahu karena setiap ke sana (ke Istana bertemu dengan Jokowi), dia mampir ke sini, saya baru ketemu," kata Mahfud.

Lebih jauh Mahfud mengaku berteman dekat dengan Panda Nababan. Kedekatan mereka mulai terjalin sejak sama-sama menjadi anggota DPR RI periode 2004-2009.

"Nggak, dia teman, teman lama," sebutnya.

"Panda itu dulu teman saya di DPR ya, sama, seangkatan DPR 2004-2009, saya sama, seangkatan. Jadi dekat. Jadi dia sering telepon, sering wawancara sendiri kalau nulis apa, gitu, antar buku ke sini," kata Mahfud menambahkan.

Mahfud pun meyakini Panda Nababan tak berbohong saat menyatakan habis bertemu dengan Presiden Jokowi. Menteri yang dekat dengan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu menilai tak masalah seorang menteri aktif menyatakan niat maju di pilpres ke presiden.

"Saya percaya bahwa dia pasti tidak bohong ketika diberitahu Presiden, bahwa dia ketemu dengan Presiden," ujar Mahfud.

"Nah, substansinya benar, dalam arti ndak apa-apa kan menteri itu menyatakan ingin jadi presiden. Itu kan memang karir politik, kan tidak ada larangan di undang-undang," imbuhnya.

(zak/tor)