Bakal Kunker ke Palestina, BKSAP DPR Akui Sulit Cek Jalur Gaza

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Kamis, 21 Apr 2022 13:19 WIB
Jakarta -

Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) Indonesia-Palestina DPR RI bakal mengunjungi Palestina termasuk ke Jalur Gaza pada Mei mendatang. Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon mewanti-wanti kunjungan kerja tersebut.

Fadli Zon menyebut situasi usai adanya penyerangan Israel di Al-Aqsa membuat pihaknya waswas. Dia mengatakan kunjungan akan sulit dilakukan jika situasi masih tak kondusif.

"Jadi rencananya bulan Mei ini akan ke Palestina," kata Fadli Zon, Kamis (21/4/2022).

"Nah kelihatannya kalau di Gaza kita lihat baru kemarin ya ada juga penyerangan oleh Israel ke Gaza. Kalau situasi keamanan tidak memungkinkan, saya kira agak sulit juga untuk ke Gaza," lanjut Fadli.

Waketum Partai Gerindra itu menyebut dua tempat alternatif yang akan dikunjungi GKSB Indonesia-Palestina DPR, yakni Ramallah dan Amman, Yordania. Dia mengatakan di Amman terdapat The Palestinian Legislative Council (PLC).

"Memang ada dua alternatif (selain Gaza). Yang pertama, ke Gaza. Yang kedua, ke Ramallah, dan yang ketiga memang di Amman. Di Amman ini ada juga Palestinian Council," katanya.

"Kemungkinan ke Ramallah atau ke Amman, Yordan. Itu rencananya," imbuhnya.

Lebih lanjut, Fadli mengatakan kegiatan kerja sama itu merupakan bentuk hubungan baik antara pemerintahan Indonesia dan Palestina. Dia menegaskan pemerintahan Indonesia mendukung kemerdekaan Palestina.

Dia mengecam penyerangan oleh Israel terhadap masyarakat Palestina di Masjid Al-Aqsa, Yerusalem.

"Ya kita memang hubungan Indonesia dengan Palestina ini adalah hubungan yang khusus ya, karena kita dari pemerintahan ke pemerintahan selalu mendukung kemerdekaan Palestina," ujarnya.

(fca/eva)