ADVERTISEMENT

Kapolri: KAI Siap Tambah 20 Ribu Tempat Duduk Per Hari untuk Pemudik

Anggi Muliawati - detikNews
Rabu, 20 Apr 2022 18:00 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saa meninjau Stasiun Pasar Senen
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau Stasiun Pasar Senen. (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau Stasiun Pasar Senen, Jakarta, untuk mengecek ketersediaan tempat duduk bagi masyarakat yang ingin mudik memakai kereta api. Sigit memastikan PT Kereta Api Indonesia (KAI) siap menambah sebanyak 20 ribu tempat duduk per hari.

"Tadi kita cek bahwa kereta api tentunya jadi salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk melaksanakan mudik. Tadi disampaikan masih ada kurang lebih 20 ribu tempat duduk yang bisa disiapkan PT KAI untuk melayani tambahan bagi masyarakat yang akan melaksanakan mudik," kata Sigit di Stasiun Pasar Senen, Rabu (20/4/2022).

Sigit mengungkapkan untuk pembelian tiket perjalanan kereta api dari Stasiun Pasar Senen hari H-3 dan H-4 Lebaran 2022 sudah hampir 100 persen. Karena itu, Sigit mengatakan dibutuhkan kesiapan KAI dalam menambah kapasitas tempat duduk.

"Walaupun tadi saya lihat pembelian tiket di H-4, H-3, sudah mendekati atau bahkan sudah ada 100 persen. Namun dari PT KAI siap menambah kapasitas tempat duduk mencapai 20 ribu per hari, sehingga total bisa melayani masyarakat yang akan mudik dengan total 50 ribu," katanya.

Sigit mengatakan, selain menambah jumlah tempat duduk, KAI akan menyiapkan gerbong khusus kendaraan roda dua. Dengan begitu, masyarakat juga bisa menitipkan sepeda motornya.

"Tentunya ini bisa jadi salah satu alternatif masyarakat yang akan melaksanakan mudik karena disiapkan juga kereta api khusus untuk mengangkut kendaraan roda dua," katanya.

"Sehingga masyarakat yang akan mudik kendaraannya bisa masuk ke kereta khusus. Kemudian masyarakat yang akan mudik bisa naik ke kereta yang disiapkan untuk penumpang. Ini adalah alternatif yang tentunya disiapkan," sambungnya.

(zak/zak)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT