Earth Day 2022: Sejarah dan Tema Hari Bumi Tahun Ini

ADVERTISEMENT

Earth Day 2022: Sejarah dan Tema Hari Bumi Tahun Ini

Lianna Leticia - detikNews
Rabu, 20 Apr 2022 17:40 WIB
Save The Earth, word and hand
Earth Day 2022: Sejarah dan Tema Hari Bumi Tahun Ini (Foto: Getty Images/iStockphoto/ediebloom)
Jakarta -

Earth Day atau Hari Bumi diperingati pada 22 April setiap tahunnya. Hari Bumi diciptakan untuk memperingati hari lahirnya gerakan lingkungan modern pada tahun 1970.

Dikutip dari laman resmi Earth Day, peringatan ini secara luas diakui sebagai hari aksi untuk mengubah perilaku manusia dan menciptakan perubahan kebijakan, baik lokal, nasional hingga global di seluruh dunia.

Lalu, bagaimana sejarah Earth Day diperingati? Simak ulasan berikut ini.

Sejarah Earth Day

Earth Day dicanangkan oleh pengajar lingkungan di Amerika Serikat, Gaylord Nelson, pada 1970. Isu pencemaran lingkungan diusulkan dalam agenda nasional hingga akhirnya jadi perhatian hingga saat ini.

Dikutip dari laman EPA, pada tahun 1960-an sampai 1970-an, masyarakat Amerika mengisap gas bertimbal dalam jumlah besar akibat asap dan lumpur dari pabrik-pabrik yang tak terkontrol.

Sebagian besar masyarakat tidak menyadari masalah lingkungan dan bagaimana lingkungan yang tercemar mengancam kesehatan manusia. Bahkan, banyak masyarakat Amerika yang tidak mengenal istilah daur ulang.

Hingga tahun 1962, Rachel Carson memutuskan untuk menerbitkan buku berjudul 'Silent Spring' yang menyoroti masalah lingkungan, terutama bahaya pestisida di pedesaan Amerika. Buku tersebut pun berhasil membantu meningkatkan kesadaran publik terhadap organisme hidup, lingkungan, dan efeknya pada kesehatan.

Tak berhenti hanya di sana, kerusakan akibat tumpahan minyak besar-besaran tahun 1969 di Santa Barbara, California, juga membangkitkan ide pembentukan hari nasional untuk fokus pada lingkungan dalam benak Senator AS Gaylord Nelson. Ia pun kemudian membentuk aksi unjuk rasa pada Earth Day pertama yang pertama kali dilakukan pada 22 April 1970.

Aksi yang diorganisir oleh ribuan perguruan tinggi dan universitas tersebut diadakan di Philadelphia, Chicago, Los Angeles dan sebagian besar kota Amerika lainnya dengan diikuti oleh sekitar 20 juta orang Amerika. Mereka turun ke jalan, taman, dan auditorium untuk berunjuk rasa terkait isu lingkungan di AS.

Hari Bumi 1970 pun berhasil menyuarakan kesadaran akan bahaya pencemaran dan menempatkan masalah lingkungan di garda paling depan.

Setiap tahunnya, Earth Day memiliki tema tersendiri dengan tujuan yang berbeda, seperti tema Earth Day tahun ini.

Tema Earth Day 2022

Mengangkat tema 'Invest In Our Planet' atau diterjemahkan menjadi 'Berinvestasi di Planet Kita', Earth Day tahun 2022 berfokus untuk meningkatkan kesadaran tentang kelebihan populasi, hilangnya keanekaragaman hayati, dan penurunan kualitas lingkungan.

Demikian informasi mengenai sejarah dan tema Earth Day 2022. Yuk, mari kita bersama-sama menjaga kesehatan lingkungan!

(izt/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT