ADVERTISEMENT

Buruh Tuntut Mendag Dicopot, Andre Rosiade: Komisi VI DPR Fokus Isu Migor

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Rabu, 20 Apr 2022 14:53 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade dalam RDP dengan dirjen-dirjen Kemendag, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/3/2022).
Andre Rosiade (Foto: dok. Istimewa)

Sebelumnya, Presiden Konferensi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, mengatakan Dirjen Perdagangan Luar Negeri dan 3 pengusaha minyak goreng yang dijadikan tersangka oleh Kejaksaan Agung (Kejagung), membuktikan bahwa terjadinya kenaikan harga minyak goreng akibat mafia atau kartel.

"Partai buruh dan organ serikat buruh mendesak agar Menteri Perdagangan dicopot karena selalu menyatakan ada mafia-mafia tidak bisa disentuh atau untouchable, ternyata dirjennya. Itu menunjukkan mengendalikan internal Kementerian Perdagangan saja Menteri Perdagangan tidak mampu, harus dicopot," katanya dalam konferensi pers virtual, Rabu (20/4/2022).

Pihaknya juga mendesak agar kasus tersebut diusut sampai ke akar-akarnya oleh Kejagung. Bahkan menurutnya KPK perlu ikut menangani kasus serupa sampai ke akar-akarnya agar masalah minyak goreng dan CPO bisa dibongkar secara tuntas.

Partai Buruh dan organ serikat buruh pada hari buruh internasional 1 Mei 2022 akan menyuarakan agar Presiden Jokowi, dengan hak prerogatif-nya mencopot Menteri Perdagangan dan memeriksa dirjen-dirjen yang lain. Untuk itu, Jokowi diharapkan dapat memerintahkan Jaksa Agung hingga KPK mulai menginvestigasi dan memeriksa dirjen-dirjen yang lain di Kementerian Perdagangan agar disapu bersih jika terbukti terlibat.

"Pada saat May Day tidak menutup kemungkinan setelah dari Bundaran HI kami menuju Kementerian Perdagangan," tambahnya.


(eva/gbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT