Buruh Tuntut Mendag Dicopot, Andre Rosiade: Komisi VI DPR Fokus Isu Migor

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Rabu, 20 Apr 2022 14:53 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade dalam RDP dengan dirjen-dirjen Kemendag, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/3/2022).
Andre Rosiade (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Serikat buruh bakal berdemo meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencopot Menteri Perdagangan atau Mendag M Lutfi buntut keterlibatan Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan dalam kasus ekspor minyak goreng. Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade menyebut pergantian menteri adalah hak prerogatif presiden.

"Kalau ada teman-teman buruh ingin meminta pergantian menteri, ya, itu hak teman-teman buruh. Tapi sekali lagi ya pergantian menteri atau reshuffle menteri itu adalah kewenangan sepenuhnya hak prerogatif presiden, kami tentu tidak bisa mengomentari lebih banyak karena sekali lagi itu hak prerogatif presiden," kata Andre kepada wartawan, Rabu (20/4/2022).

Andre menekankan fokus Komisi VI DPR adalah pada persoalan minyak goreng sampai di masyarakat dengan harga yang sesuai dengan rakyat. Sebab, Andre masih menemukan harga minyak goreng Rp 20 ribu per liter.

"Yang jelas concern kami di Komisi VI bagaimana minyak goreng curah ini bisa segara ditemukan di pasar, dinikmati oleh rakyat sesuai dengan HET yang ditetapkan oleh pemerintah, sesuai Permenperin Nomor 8 Tahun 2022 dan Permendag Nomor 11 Tahun 2022," katanya.

"Karena sampai sekarang hasil kunspek kami minggu lalu ke Kota Bogor dan Kabupaten Bogor harga minyak goreng curah itu masih di angka Rp 19 ribu-20 ribu per liter, masih mahal di atas harga eceran tertinggi pemerintah yang ditetapkan. Lalu kedua, stoknya juga terbatas," ujar Andre.

Andre mengatakan kebijakan Permendag Nomor 11 Tahun 2022 dan Permenperin Nomor 8 Tahun 2022 belum berjalan efektif. Hal itulah yang menjadi fokus Komisi VI DPR. Terkait adanya permintaan reshuffle, Andre menegaskan buruh berhak suara, tetapi presiden yang memutuskan.

Simak pernyataan Presiden KPSI yang akan menggelar demo tuntut Mendag dicopot, simak di halaman berikut.