Dikritik Keras karena Polarisasi Masih Terjadi, BPIP Pamer Kinerja

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 19 Apr 2022 12:13 WIB
Romo Benny Susetyo CNN IndonesiaSafir Makki
Romo Benny Susetyo (Pool)
Jakarta -

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin meminta Kepala BPIP Yudian Wahyudi diganti. BPIP menilai komentar Cak Imin ini sebagai autokritik.

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Benny Susetyo tak keberatan atas komentar Cak Imin ini. Dia menilai hal ini bisa menjadi autokritik sekaligus bahan evaluasi.

"Autokritik yang harus dijadikan evaluasi untuk perbaikan dan optimaliasi untuk mengaktualisasikan Pancasila, dalam hal ini BPIP berupaya menjalankan tugasnya," kata Romo Benny kepada detikcom, Selasa (19/4/2022).

Dia pun menjelaskan beberapa tugas yang dijalankan oleh BPIP. Salah satunya mengembalikan kurikulum Pancasila sejak PAUD.

"Fokus BPIP, pertama, mengembalikan pendidikan Pancasila dalam kurikulum mulai PAUD sampai perguruan tinggi. Dengan menyiapkan materi, animasi, dan model pembelajaran yang menarik. Isi publik 30 pengetahuan dan 70 praktik hidup," ujarnya.

"Kedua pembinaan terhadap Paskibraka yang berjumlah sekitar 25 ribu per tahun yang tersebar di seluruh Indonesia dan BPIP memberikan pembekalan seleksi terhadap Paskibraka seluruh Indonesia. Ketiga pembinaan terhadap Purna Paskibraka yaitu dengan membentuk organisasi yang disebut Duta Pancasila," sambungnya.

Romo Benny menegaskan bahwa pembinaan ini dilakukan untuk mengembangkan potensi anak-anak untuk disiapkan menjadi pemimpin masa depan.

"Pembinaan ini dilakukan oleh BPIP untuk mengembangkan potensi anak-anak pasukan tersebut agar mereka menjadi pemimpin masa depan," ungkapnya.

Dia mengungkap bahwa tantangan ini tidak mudah dilakukan di era digital. Menurutnya, semuanya membutuhkan kerja gotong royong.

"Tantangan tidak mudah era digitalisasi membutuhkan kerja gotong royong semua elemen bangsa. Karena masalah ini tangung jawab bersama," tuturnya.

Bagaimana komentar Cak Imin? Silakan baca di halaman selanjutnya.