Cak Imin Minta Yudian Wahyudi Diganti, BPIP Santai

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 19 Apr 2022 11:28 WIB
Muhaimin Iskandar (Cak Imin)
Muhaimin Iskandar (Cak Imin) (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyoroti kinerja Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP. Cak Imin meminta Kepala BPIP diganti saja.

Dalam acara 'Puncak Peringatan Hari Lahir PMII 62 Tahun' yang ditayangkan di YouTube PMII Official seperti dilihat pada Selasa (19/4/2022), Cak Imin menyebut BPIP bertanggung jawab untuk menyatukan bangsa dalam satu dialog yang jujur, terbuka, dan efektif. Cak Imin menyebut BPIP belum maksimal dalam bekerja.

"Ini terbukti api dalam sekam masih terjadi. Yang paling merasa Islam tapi sebetulnya bodoh tentang Islam, yang merasa paling nasionalis tapi menyatakan kenasionalisnya dengan cara menyakiti saudaranya. Ini terjadi dan BPIP harusnya menjadi jembatan dialog yang terbuka," kata Cak Imin.

Jika BPIP tak bisa memainkan peran tersebut, Cak Imin yakin PMII dapat melakukannya. Cak Imin kemudian menyoroti kinerja Kepala BPIP Yudian Wahyudi dan menyebut sebaiknya Yudian diganti saja.

"Terus terang ketua BPIP yang sekarang ini, Pak... sahabat saya, Pak Yudian, sudah salah kedaden. Begitu dilantik sudah salah omong sehingga banyak penolakan," ujarnya.

"Oleh karena itu, kalau nggak efektif ya diganti saja nggak apa-apa menurut saya biasa-biasa saja supaya lebih efektif. Saya kira Abe juga siaplah kalau menjadi ketua BPIP. Kalau nggak Abe ya saya juga siap kira-kira gitu," ujarnya.

Respons Santai BPIP

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo, merespons santai permintaan Cak Imin mengganti Kepala BPIP.

"Kalau Cak Imin itu biasa lah. Itu otokritik. Intinya, kritik kita terima sebagai koreksi untuk memperbaiki kinerja BPIP," kata Benny dilansir CNNIndonesia.com.

Benny merespons pandangan Cak Imin yang menganggap kinerja BPIP kini tidak efektif. Menurut Benny, upaya rekonsiliasi anak bangsa yang terbelah di tengah cepatnya arus teknologi dan digitalisasi tak mudah.

"Tapi kita jembatani rekonsiliasi akan kita lakukan. Tapi memang itu enggak gampang harus kita akui. Orientasi BPIP bagaimana sinergi dengan lembaga terkait dan melakukan kerja gotong royong," kata Benny.

Simak juga 'Alasan Cak Imin Usul Pemilu Ditunda: Demi Menolong Ma'ruf Amin':

[Gambas:Video 20detik] (gbr/tor)