Jenderal Andika Sambut Try Sutrisno dkk: Kami Loyal Lestarikan Pancasila

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 17 Apr 2022 17:57 WIB
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bertemu dengan para petinggi BPIP (Dok. Tangkapan Layar Channel Jenderal Andika Perkasa)
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bertemu dengan para petinggi BPIP. (Dok. Tangkapan Layar Channel Jenderal Andika Perkasa)
Jakarta -

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menerima kunjungan jajaran petinggi Lembaga Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Apa yang dibahas BPIP dan Jenderal Andika dalam pertemuan ini?

Dalam video yang diunggah di channel Youtube Jenderal TNI Andika Perkasa pada 17 April 2022, jajaran petinggi BPIP datang ke Kantor Subden Merdeka Barat, Jakarta.

Dalam Kunjungan yang berlangsung santai tersebut, hadir beberapa petinggi BPIP. Beberapa di antaranya ialah Wakil Ketua Dewan Pengarah BPIP, Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, Sekretaris Dewan Pengarah BPIP, Mayor Jenderal TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, Kepala BPIP, Prof Yudian Wahyudi, Plt Sekretaris Utama BPIP Karjono, serta Direktur Pengkajian Materi Pembinaan Ideologi Pancasila Aris Heru Utomo.

Wakil Ketua Dewan Pengarah BPIP dan Kepala BPIP menyodorkan rencana kerja sama dengan TNI terkait Pembinaan Ideologi Pancasila. Hal ini dimaksudkan agar TNI dan Polri ialah salah satu ujung tombak penjaga Ideologi Pancasila.

Jenderal TNI Andika Perkasa, merespons baik hal tersebut dengan berjanji akan segera menindaklanjuti ajakan dari BPIP.

"Pertama-tama terima kasih atas sambutannya. Yang kedua kami ingin bersilahturahmi, ingin membangun kerjasama," kata Yudian dalam kunjungannya itu.

"Siap, Pak," jawab Jenderal Andika.

Yudian menjelaskan bahwa sudah ada komunikasi awal terkait rencana seragam pedoman pembinaan Pancasila ini. Dokumennya pun sudah dibahas di Bintal.

"Sejauh ini kami sudah ada komunikasi lebih awal yang salah satunya adalah seragam pedoman pembinaan ideologi Pancasila untuk TNI Polri dan dokumen ini sudah pernah dibahas di Bintal di tingkat," jelas Yudian.

"Jadi ini sudah di Bintal. Oh, siap, Pak," ujar Andika.

Andika pun menegaskan bahwa pihaknya akan mempelajari dan menindaklanjuti rencana kerja sama ini.

"Siap pak, akan saya pelajari, Pak. Kami akan tindak lanjuti," ungkapnya.

Apa yang dibahas Jenderal Andika dan Try Sutrisno? Silakan baca di halaman selanjutnya.

Simak juga Video: PKS soal Keturunan PKI Boleh Jadi TNI: Landasan Kebijakannya Apa?

[Gambas:Video 20detik]