Heboh Running Text Trayek Bus Transpakuan Bogor Berubah 'Hacked'

Tim detikcom - detikNews
Senin, 18 Apr 2022 20:09 WIB
Runnig text di display LED BisKita Transpakuan diretas
Transpakuan (Dok. Istimewa)
Bogor -

Sistem informasi pada salah satu unit BisKita Transpakuan di Kota Bogor membuat heboh masyarakat. Pasalnya, running text yang seharusnya berisi rute trayek bus tersebut menjadi sasaran hack oleh hacker.

Running text yang seharusnya berisi rute bus diubah oleh hacker menjadi 'HACKED BY MIREID7-Bogorwanian Team'. Hal itu sempat viral di media sosial.

Dalam video viral yang dilihat detikcom pada Senin (18/4/2022), tampak running text di bagian belakang bus berubah dengan tulisan 'HACKED BY MIREID7-Bogorwanian Team'. Seharusnya, running text itu bertuliskan informasi trayek atau rute yang dilalui oleh BisKita Transpakuan.

Bus yang menjadi sasaran hacker adalah BisKita yang beroperasi di koridor 2 dengan trayek Bubulak-Ciawi via Cidangiang (Mal Botani). Video tersebut direkam oleh pengendara motor.

Pengendara motor yang memposting video itu pun buka suara. Dia mengatakan video yang di-upload pada akun Instagram @gitatarigan tersebut diambil di Jalan Raya Gunung Batu, Kecamatan Bogor Barat, sekitar pukul 07.40 WIB pagi tadi.

"Iya video itu saya yang rekam. Itu saya take tadi pagi sekitar jam 7.40-an," kata gitatarigan dihubungi detikcom, Senin (18/4).

"Bus arah ke Stasiun Bogor, (direkam) di Jalan Raya Gunung Batu," tambahnya.

Pihak BisKita pun membenarkan kejadian itu. Menurutnya, saat ini tim IT sedang bekerja untuk memperbaiki sistem yang di-hack.

"Itu tadi pagi, kena hack. Tim IT sudah diinformasikan, segera diperbaiki. Yang di-hack hanya informasi rute atau trayek yang ada di display itu, kata-katanya diubah," kata Pejabat Humas Biskita Transpakuan Kota Bogor Gery Widiana Lutfi saat dikonfirmasi.

Lihat juga video 'Situs Bawaslu Makasar Sempat Diretas, Bertulis Ingat Janji Manismu':

[Gambas:Video 20detik]



Simak penjelasannya pengelola bus di halaman berikutnya.