Kata Pengelola soal Dugaan Peretas Running Text BisKita Transpakuan Bogor

ADVERTISEMENT

Kata Pengelola soal Dugaan Peretas Running Text BisKita Transpakuan Bogor

M Solihin - detikNews
Senin, 18 Apr 2022 15:40 WIB
Biskita TransPakuan (M Solihin/detikcom)
Biskita TransPakuan (M Solihin/detikcom)
Bogor -

Running text pada display LED di BisKita Transpakuan Kota Bogor diretas. Running text yang seharusnya berisi informasi rute perjalanan atau trayek diubah dengan tulisan "HACKED BY MIREID7-Bogorwanian Team".

Pejabat Humas BisKita Transpakuan, Gery Widiana Lutfi, mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan perbaikan terhadap sistem dalam bus yang jadi sasaran hacker. Ia menduga sistem informasi unit BisKita trayek Bubulak-Ciawi diduga diretas oleh pelaku yang posisinya berdekatan dengan unit bus. Pelaku diduga membobol sistem keamanan Wi-Fi yang terpasang di dalam bus.

"Jadi gini, mobil itu di LED display-nya itu ada Wi-Fi-nya, jadi kalau mau mengganti tulisan di display itu memang harus ter-connect ke Wi-Fi di bus, sepertinya itu yang di-hack itu sama orang yang enggak bertanggung jawab itu," kata Gery saat dihubungi wartawan, Senin (16/4/2022).

"Kan itu (mengganti tulisan di display) harus dilakukan dari dekat (dengan bus), nggak bisa dari jauh. Jadi harus deket mobil, terus 'ditembak' Wi-Fi-nya itu. Kalau dugaan kan bisa ke mana saja, bisa salah satu penumpang, bisa pengendara di belakang bus yang sengaja buntutin bus," sambungnya.

Gery menyebut sejauh ini dampak ulah hacker itu hanya pada pelayanan BisKita di unit yang di-hack. Karena tidak semua bus yang beroperasi yang di-hack.

"Kalau dampak keselamatan sih nggak ya, ini hanya ke pelayanan. Karena kan seharusnya di display itu ada informasi rute bus, jadi tidak tersampaikan. Dampaknya juga hanya kepada bus itu, karena kan tidak semua bus yang di-hack," kata Gery.

"Sekarang unit sedang diperbaiki sama orang IT. Bus masih beroperasi, sampai sekarang," tambahnya.

Lihat juga video 'Instagram Kemenparekraf Sempat Kena Hack':

[Gambas:Video 20detik]


Baca di halaman selanjutnya: pengelola belum berencana lapor polisi.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT