Pendaftaran Mudik Gratis Sempat Eror, Pemprov DKI Terapkan Sistem Antre

ADVERTISEMENT

Pendaftaran Mudik Gratis Sempat Eror, Pemprov DKI Terapkan Sistem Antre

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 18 Apr 2022 15:40 WIB
Mudik dan Balik Gratis di Trenggalek
Ilustrasi (Adhar Muttaqin/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah warga mengeluhkan erornya sistem pendaftaran mudik gratis yang diadakan Pemprov DKI. Pemprov DKI menjelaskan sistem eror karena banyaknya warga yang mengakses situs pendaftaran mudik gratis.

"Ya kalau kemarin eror itu karena traffic-nya pada saat itu 4,8 juta yang daftar. Jadi ya butuh kesabaran masyarakat juga kekuatan dari sinyal internetnya," ujar Kabid Angkutan Jalan Dishub DKI, Yayat Sudrajat saat dihubungi, Senin (18/4/2022).

Mengantisipasi hal tersebut, pihak Pemprov membuat jalur antrean untuk pendaftar. Ini dilakukan agar para calon pemudik dapat mengakses website tersebut.

"Tapi kita sudah bikin jalur antrean. Kemungkinan besar mereka pasti bisa masuk asal memang harus antre," ucap Yayat.

"Karena antusiasme masyarakat yang lumayan banyak, artinya mereka load pendaftaran itu sampai 4,8 juta yang mencoba mengakses. Jadi tim IT kita sudah buat antrean jadi sekarang sudah lebih lancar," sambungnya.

Pemprov DKI melalui Dinas Perhubungan (Dishub) mengadakan mudik gratis dengan kuota 19.680 orang untuk arus mudik dan balik. Untuk arus mudik sendiri, tercatat sudah ada sekitar 6.500 orang yang mendaftar.

"Belum full. Sampai saat ini dari kuota 11 ribu (untuk mudik), baru 6.500. Kuota 19 ribu (arus mudik dan balik), makanya belum penuh baru terisi 6.000-an. Jadi masih banyak," ujar Yayat.

Yayat menyebut hingga saat ini pendaftaran mudik gratis masih dibuka. Selain itu, pihak Dishub menyediakan angkutan untuk kendaraan sepeda motor para penumpang.

"Sepeda motor berangkat lebih dulu betul. Nanti ada notifikasi sepeda motor harus dikirim tanggal 26, diantar ke Terminal Pulo Gadung untuk dinaikkan ke truk dan dibawa ke tujuan mereka. Dengan harapan ketika penumpang sampai, motornya udah sampai lebih awal. Turun langsung ambil motor," jelas Yayat.

"Kita sudah koordinasi dengan daerah yang kita tuju. Terminal-terminal bukan hanya turunkan penumpang kita minta space untuk menurunkan kendaraan juga," sambungnya.

Lihat juga video 'Menhub Imbau Pemudik Berangkat Lebih Awal':

[Gambas:Video 20detik]

(ain/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT