ADVERTISEMENT

Kemenhub Anggarkan Rp 20 Miliar untuk Mudik Gratis 2022 ke 24 Kota

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Minggu, 17 Apr 2022 22:25 WIB
ilustrasi mudik
Ilustrasi mudik gratis (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Perhubungan (Kemenhub RI) menganggarkan Rp 20 miliar untuk mudik gratis lebaran tahun 2022. Anggaran itu lebih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah di tahun-tahun sebelumnya.

"Jadi anggaran kita saat sekarang ini Rp 20 miliar. Dibandingkan tahun 2019, kita lebih sedikit," kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi saat konferensi pers di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu (17/4/2022).

Dia menjelaskan anggaran tersebut merupakan hasil revisi dari anggaran awal yang bakal digunakan untuk keperluan mudik gratis. Budi menyebut dengan anggaran sebesar itu, pemerintah menyiapkan 700 bus untuk program mudik gratis.

"Pertama kami memang menyiapkan kendaraan bus itu sekitar 350. Namun, karena potensi terkait menyangkut masalah survei yang cukup besar, jadi kami menyiapkan lagi yang kedua kalinya menjadi 700 bus," ucapnya.

Budi berharap dengan alokasi tersebut nantinya dapat memberangkatkan 21 ribu pemudik dari Jakarta. Menurutnya, pemerintah telah menyiapkan 24 kota tujuan program mudik gratis yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Dengan 700 bus itu, 21 ribu penumpang akan kita bawa dari Jakarta ke tujuan di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dengan total 24 kota tujuan," ujarnya.

Antisipasi Kepadatan Lalu Lintas

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut pemerintah telah menyiapkan beberapa skema untuk mengantisipasi kepadatan arus mudik 2022. Setidaknya ada tiga skema yang akan nantinya diterapkan selama kegiatan mudik berlangsung.

"Kami menerapkan tiga rekayasa lalu lintas yaitu one way, contra flow, dan juga ganjil-genap," kata Menhub Budi kepada wartawan, di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu (17/4).

Budi juga menyebut prediksi puncak arus mudik akan terjadi pada 28-29 April 2022. Oleh sebab itu, dia mengimbau agar masyarakat dapat mudik lebih awal yakni pada 25-27 April.

(fas/fas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT