ADVERTISEMENT

Wagub DKI Telusuri soal Aksi Rasisme-Seksisme Saat Pertandingan di JIS

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 17 Apr 2022 19:38 WIB
Jakarta Zona Hijau Corona Kata Wagub, Ini Data Corona Terbaru
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Laga International Youth Championship (IYC) di Jakarta International Stadium (JIS) dinodai aksi rasisme dan seksisme. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku masih menunggu hasil pendalaman kasus itu.

"Kita masih menunggu hasil-nya ya. Kita akan tanyakan, saya belum dapat laporan dari Jakpro," kata Riza di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Minggu (17/4/2022).

Riza meminta supaya kejadian seperti ini tak terulang lagi. Dia mengajak masyarakat Ibu Kota menjaga JIS melalui kegiatan-kegiatan positif serta bermanfaat.

"Tentu kita berharap JIS sebagai tempat, wahana, media, Sarpras bisa digunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan olahraga, kepentingan positif lainnya, kepentingan seni budaya, bahkan kepentingan agama dan kepentingan sosial lainnya," imbuhnya.

"Kita harapkan JIS jadi tempat kebanggaan kita. Perlu kita jaga sebaik mungkin," sambungnya.

Sebagaimana diketahui, Laga Atletico Madrid U18 melawan Bali United U18 dalam International Youth Championship (IYC) di Jakarta International Stadion (JIS) dicemari aksi rasisme hingga seksisme dari penonton. Aksi tak patut ditiru itu menuai kecaman dari pejabat tinggi DKI Jakarta.

Aksi rasisme hingga seksisme pertama kali diungkap akun Twitter @addogerardo lewat satu utas. Pemilik akun menyebut penonton di JIS melakukan tindakan rasisme terhadap pemain Atletico Madrid.

"Sangat disayangkan ada rasisme dari mulut pengunjung stadion yang neriakin 'woy it*m' pemain Atletico Madrid U18 di Stadion JIS," tulisnya.

Selain itu, tindakan seksisme juga dilakukan penonton. Dalam video yang diunggah, terdengar suara siulan 'cat calling' penonton saat tim medis wanita datang untuk mengobati pemain yang cedera.

"Plus seksisme dari arah tribun "woy jangan nga**ng lu!" waktu medis wanita sedang menangani pemain Bali United yang cedera," lanjutnya.

(taa/yld)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT