ADVERTISEMENT

Noda Rasisme-Seksisme di JIS Kotori Pertandingan Internasional Pemuda

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 17 Apr 2022 03:30 WIB
bali united u-18 vs atletico amdrid u-18,
Pertandingan IYC di JIS yang diwarnai aksis rasisme dan seksisme. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Laga Atletico Madrid U18 melawan Bali United U18 dalam International Youth Championship (IYC) di Jakarta International Stadion (JIS) dicemari aksi rasisme hingga seksisme dari penonton. Aksi tak patut ditiru itu menuai kecaman dari pejabat tinggi DKI Jakarta.

Aksi rasisme hingga seksisme pertama kali diungkap akun Twitter @addogerardo lewat satu utas. Pemilik akun menyebut penonton di JIS melakukan tindakan rasisme terhadap pemain Atletico Madrid.

"Sangat disayangkan ada rasisme dari mulut pengunjung stadion yang neriakin 'woy it*m' pemain Atletico Madrid U18 di Stadion JIS," tulisnya.

Selain itu, tindakan seksisme juga dilakukan penonton. Dalam video yang diunggah, terdengar suara siulan 'cat calling' penonton saat tim medis wanita datang untuk mengobati pemain yang cedera.

"Plus seksisme dari arah tribun "woy jangan nga**ng lu!" waktu medis wanita sedang menangani pemain Bali United yang cedera," lanjutnya.

Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza PatriaAhmad Riza Patria (Noval-detikcom)

Dikecam Wagub DKI Jakarta

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut Stadion JIS dapat digunakan kegiatan selain olahraga, seperti kesenian dan keagamaan. Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta ini mengecam aksi rasisme dan seksisme di JIS.

"Saya belum tahu informasi tersebut, tapi kita harapkan tidak ada kegiatan-kegiatan lain di JIS kecuali kegiatan-kegiatan positif dalam rangka mendukung olahraga, kesenian, seni budaya, dan upaya-upaya lain, termasuk kegiatan keagamaan," ujar Riza ketika dijumpai dalam kunjungannya di Unolab, Jakarta Utara, Sabtu (16/4).

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan juga: Alfie Alfandy, Pendiri Bikers Dakwah Mantan Artis Pecandu Narkoba

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT