Amien Rais Minta Jokowi Tegas Bilang Selesai di 2024

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 17 Apr 2022 18:36 WIB
Amien Rais
Amien Rais (Foto: Tangkapan layar)
Jakarta -

Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais meminta Presiden Jokowi tegas menyatakan selesai masa jabatan di 2024. Amien Rais mengungkit isi dari konstitusi.

"Pak Jokowi secepatnya membuat pernyataan yang jelas lugas, tegas, dan trengginas, bahwa Anda, Saudara Jokowi, Pakde, secara mutlak akan mengakhiri jabatan sebagai Presiden RI pada 20 Oktober 2024, persis seperti perintah konstitusi," kata Amien Rais di acara Milad 1 Tahun Partai Ummat, disiarkan langsung di akun YouTube Partai Ummat, Minggu (17/4/2022).

"Jadi kalau mau main ya boleh tapi Anda akan menghadapi masyarakat sipil yang sudah tidak tahan lagi," lanjutnya.

Amien Rais juga meminta Jokowi menghentikan menterinya yang mengusahakan perpanjangan masa jabatan. Memperbolehkan amandemen untuk perpanjang masa jabatan, menurutnya, dalih murahan untuk merobohkan demokrasi.

"Segera instruksikan supaya semua orang yang masih berusaha melakukan perpanjangan periode ketiga, jabatan presiden segera dihentikan secara mutlak. Alasan bahwa demokrasi membolehkan MPR melakukan amandemen ini dan itu sesungguhnya hanyalah dalih-dalih murahan, mereka sedang merobohkan bangunan demokrasi kita yang masih tersisa, itu pun sudah sangat keropos saat ini," ujarnya.

Lebih lanjut, Amien Rais lantas meyinggung pembangunan Ibu Kota Negara. Menurutnya, IKN sebaiknya dihentikan terlebih dahulu jika tidak ada dana.

"Kelima pembangunan IKN yang cekak dana sebaiknya dihentikan dulu, jangan nekat, jangan isin mundur, ini bahasa Jokowi orang Solo, isin mundur itu ya malu untuk mundur," ucapnya.

Simak Video: Amien Rais soal Big Data Penundaan Pemilu: Luhut Sedang Halusinasi

[Gambas:Video 20detik]



(eva/gbr)