Hitamnya Hitam

Dennis Rader, Pembunuh Berantai yang Suka Pamer Cerita Aksinya

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 17 Apr 2022 13:24 WIB
ilustrasi kriminal kejahatan pembunuhan
Foto: Ilustrasi kriminal (detik)
Jakarta -

Dennis Lynn Rader dikenal sebagai pembunuh berantai Amerika Serikat (AS) yang pernah menggemparkan Kansas. Ia dikenal karena kerap mengirimkan surat berisi detail aksinya kepada media lokal.

Dikutip dari Murderpedia, Dennis telah membunuh 10 orang di Sedgwick County sekitar Kansas antara tahun 1974 dan 1991. Dia dikenal sebagai pembunuh BTK (bind, torture, kill) yang berarti mengikat, menyiksa, dan membunuh.

Dia kerap mengirim surat-surat soal detail aksinya itu kepada polisi dan media lokal selama periode serangkaian kasus pembunuhan itu. Setelah lama absen pada 1990-an, ia kembali mengirim surat pada 2004, yang berujung pada penangkapannya pada 2005.

Masa Remaja

Rader adalah anak tertua dari empat bersaudara yang lahir dari pasangan William Elvin Rader dan Dorothea Mae Cook. Meskipun lahir di Pittsburg, Kansas, ia dibesarkan di Wichita.

Menurut beberapa laporan, termasuk pengakuannya sendiri, ia suka menyiksa binatang. Dia juga memendam fetish seksual pada pakaian dalam wanita. Dia pernah mencuri celana dalam dari korbannya dan memakainya sendiri.

Rader kemudian kuliah di Butler County Community College di El Dorado, mendapatkan gelar associate di bidang Elektronik pada tahun 1973. Ia lulus dari sana pada tahun 1979 dengan gelar sarjana di bidang Administrasi Kehakiman. Dia menikah dengan Paula Dietz, pada 22 Mei 1971.

Rader bekerja sebagai pengawas operasi lapangan sensus untuk wilayah Wichita pada tahun 1989. Dia juga pernah Rader bertugas di Dewan Banding Zonasi Kabupaten Sedgwick dan Dewan Penasihat Kontrol Hewan. Aksi pembunuhan ini terungkap setelah istri Rader mengungkapnya. Sang istri mengungkap bahwa Rader memiliki masalah psikologis.

Tonton juga Video: Ini Tampang Perampok-Pembunuh Sekuriti Studio Foto Semarang

[Gambas:Video 20detik]