Ivan Gunawan Ngaku Jadi Duta DNA Pro-Kembalikan Uang, Ini Harapan Korban

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Minggu, 17 Apr 2022 08:22 WIB
Ivan Gunawan mendatangi Bareskrim Polri.
Foto: Ivan Gunawan (Palevi/detikcom)
Jakarta -

Artis Ivan Gunawan telah mengakui dirinya dikontrak oleh pihak robot trading DNA Pro untuk menjadi brand Ambassador (duta promosi) dan mengembalikan uang Rp 921,7 juta ke Bareskrim Polri. Korban DNA Pro mengatakan pengakuan itu membuat Ivan Gunawan benar terlibat di kasus DNA Pro sehingga merugikan korban.

"Ini membuktikan bahwa benar Saudara IG (Ivan Gunawan) terlibat secara langsung melakukan promosi DNA Pro sebagaimana yang ia akui sebagai brand ambassador DNA Pro Team Rudutz, dengan menerima kontrak kerja selama 3 bulan dengan nilai kurang lebih Rp 1 miliar," ujar kuasa hukum korban DNA Pro, Zaenul Arifin, saat dihubungi, Sabtu (16/4/2022).

"Dengan hadirnya saudara Ivan Gunawan atas pemanggilan penyidik kemarin merupakan langkah positif untuk membuka tabir penipuan berkedok robot trading agar lebih terang benderang," sambungnya.

Zaenul menjelaskan dengan pengakuan Ivan Gunawan beserta bukti dari saksi-saksi, maka Ivan diduga terlibat mempromosikan DNA Pro. Dia mendorong penyidik Bareskrim Polri menjerat Ivan Gunawan.

"Atas pengakuan IG (Ivan Gunawan), dengan bukti keterangan saksi, dan bukti surat, sudah cukup bagi penyidik untuk mengaitkan IG dengan Pasal 45A UU ITE atas keterlibatannya mempromosikan DNA Pro melalui media elektronik dengan maksud dapat merugikan konsumen. Tinggal penyidik menghadirkan keterangan ahli apakah ada niat jahat (mens rea) yang dilakukan IG dan juga dapat dikenakan juncto Pasal 55 KUHPidana," jelas Zaenul.

Korban Apresiasi Ivan Gunawan

Meski demikian, Zaenul mengapresiasi Ivan Gunawan yang kooperatif. Zaenul memuji kerelaan hati Ivan Gunawan untuk mengembalikan uang dari DNA Pro.

"Namun kita mengapresiasi atas kerja sama dan kooperatif Ivan Gunawan yang sudah bersedia dengan kerelaan hatinya untuk mengembalikan sejumlah uang yang didapatkan dari DNA Pro yang bukan haknya," tuturnya.

Zaenul berharap orang lain untuk melakukan hal yang sama seperti Ivan Gunawan agar mengembalikan sesuatu yang bukan miliknya. Zaenul turut meminta public figure lain yang belum dipanggil polisi untuk mendatangi Bareskrim Polri sebelum ketahuan.

Simak juga video 'Polisi Ungkap Nilai Kontrak Ivan Gunawan Sebagai Brand Ambassador DNA Pro':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...