ADVERTISEMENT

Kapolda Jabar Pastikan Polisi Siap Amankan Puncak Saat Libur Lebaran

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Sabtu, 16 Apr 2022 16:19 WIB
Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana
Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana (Rizky Adha Mahendra/detikcom)
Bogor -

Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Suntana meninjau pos polisi di Simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang merupakan akses menuju kawasan wisata Puncak. Tujuannya untuk memastikan personel Polri siap menyambut arus mudik dan liburan jelang Hari Raya Idul Fitri.

"Dari hasil pantauan Sukabumi-Bogor, terlihat anggota sudah siap melaksanakan pengamanan dan pelayanan operasi hari mudik," kata Suntana kepada wartawan di lokasi, Sabtu (16/4/2022).

Setelah meninjau pos polisi di Gadog, Suntana yakin anggotanya siap mengamankan arus mudik dan liburan di ruas jalan Puncak. Suntana juga menilai prasarana pendukung kegiatan pengamanan sudah siap.

"Dari pengecekan awal, saya lihat kesiapan CCTV siap, personel siap. Dirlantas juga akan memfasilitasi bantuan personel-prasarana juga bila diperlukan," jelasnya.

Suntana menyampaikan 200 lebih personel akan bersiaga untuk pengamanan jalur Puncak, mulai titik Simpang Gadog hingga Puncak Pass. Suntana mengatakan pengamanan juga dilakukan di seluruh jalur mudik di Jawa Barat, terutama titik-titik rawan kecelakaan.

"Pada umumnya semua titik kami anggap rawan kecelakaan dan rawan kemacetan, jadi semua kami perlakukan sama. Tapi ada beberapa kejadian kecelakaan yang terjadi tahun lalu jadi titik fokus perhatian kami," jelasnya.

Suntana mengimbau masyarakat memastikan kesiapan kendaraan dan fisik saat mudik, sehingga kelancaran lalu lintas bisa tetap terjaga.

"Pesan saya, tolong masyarakat pastikan kendaraannya sehat, kelengkapan sehat, BBM sehat, mobil sehat. Jangan sampai tidak sehat menyebabkan mogok di tengah jalan dan menyebabkan hambatan buat pengguna jalan yang lain," tuturnya.

Lihat juga video 'Pemerintah Tetapkan Cuti Bersama Lebaran 29 April dan 4-6 Mei 2022':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT