Cegah Macet Libur Lebaran, 4 Pos Polisi Disiapkan di Jalur Puncak Bogor

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Sabtu, 16 Apr 2022 10:21 WIB
Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata (Rizky-detikcom)
Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata (Rizky/detikcom)
Bogor -

Polisi akan membangun 15 posko pengamanan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menjelang libur Lebaran 2022. Empat pos pengamanan di antaranya akan didirikan di sepanjang jalur kawasan wisata Puncak.

"Kita akan membangun di seluruh Bogor ada 15 posko, di mana empat terletak di jalur Puncak. Itu ada di Pospam Gadog, Cisarua, Cimory, dan Masjid At-Ta'awun," kata Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata kepada wartawan, Sabtu (16/4/2022).

Tujuan didirikan pos pengamanan, jelas Dicky, adalah untuk menempatkan personel kepolisian. Nantinya para personel harus bersiaga mengatur arus lalu lintas dan membantu masyarakat untuk mencegah kemacetan terjadi.

Selain itu, polisi menyediakan layanan vaksinasi COVID-19 di pos pengamanan. Masyarakat yang hendak divaksin bisa mampir ke pos pengamanan.

"Kita sama-sama mengetahui bahwa vaksin itu merupakan syarat perjalanan bagi masyarakat. Jadi kita terus gencar mengimbau masyarakat untuk mendapat vaksin booster secara gratis," terangnya.

Sebagai langkah mitigasi, polisi juga menyiagakan mobil derek. Mobil derek tersebut ditaruh di tiga titik sepanjang jalur Puncak.

"Pertama di Tanjakan Selarong, kedua di Gunung Mas, dan ketiga ada di Taman Wisata Matahari (TWM)," jelas Dicky.

Dicky memprediksi jalur Puncak akan ramai saat hari Lebaran atau Idul Fitri nanti.

"Prediksi kami karena mengingat jalur Puncak bukan termasuk yang jalur mudik ya, lebih kepada jalur wisata. Sepertinya prediksi kami kenaikan volume kendaraan itu terjadi ketika hari H lebaran sampai H plus sekian. Jadi ketika sudah beres bulan Ramadan," ungkapnya.

Simak Video 'Catat! Ini Prediksi Puncak Arus Mudik, Arus Balik, dan Titik Kemacetan':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)