Viral Petugas Gerbang Tol di Jaktim Beli Takjil Pakai Kode 'Mancing Mas'

ADVERTISEMENT

Viral Petugas Gerbang Tol di Jaktim Beli Takjil Pakai Kode 'Mancing Mas'

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 16 Apr 2022 11:47 WIB
Viral petugas Gerbang Tol Wiyoto Wiyono membeli takjil dengan kode mancing mas (Antara/dok Pribadi)
Viral petugas Gerbang Tol Wiyoto Wiyono membeli takjil dengan kode 'mancing mas' (Antara/dok Pribadi)
Jakarta -

Sebuah video petugas tol membeli takjil dengan cara mengulurkan ember ke kolong tol viral di media sosial (medsos). Bagaimana ceritanya?

Peristiwa itu terjadi di Tol Wiyoto Wiyono, tepatnya di gerbang Tol Pisangan, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur (Jaktim). Petugas tol tersebut membeli takjil dengan kode "mancing mas" dari atas tol.

Salah satu pedagang es kelapa, Saputra, yang dagangannya kerap dibeli petugas Gerbang Tol Pisangan mengaku mendapat pesanan melalui WhatsApp (WA) dari petugas tol.



"Waktu itu pas mereka (petugas tol) mau berangkat kerja, mereka mampir minta nomor telepon saya," kata Saputra seperti dilansir Antara, Sabtu (16/4/2022).

Saputra dan petugas gerbang tol mengatur cara pembelian dengan menggunakan kode "mancing mas" melalui pesan aplikasi WA.

"Bapak-bapak penjaga pintu tol beli untuk buka puasa. Pesan es kelapa dan mereka juga minta tolong saya belikan gorengan. Sekitar 15 menit menjelang buka mereka WA dengan kata 'mancing mas'," ujar Saputra.

Dia mengatakan para petugas gerbang tol menggunakan cara seperti memancing. Petugas tol akan mengulurkan ember yang diikat tali dari atas tol.

Cara itu dilakukan karena di area Tol Wiyoto Wiyono tidak boleh ada pedagang yang melintas. Di sisi lain, petugas tol tak dapat meninggalkan gerbang tol.

Saputra mengatakan sejak awal Ramadan 1443 Hijriah hingga kini hampir setiap hari para petugas Gerbang Tol Pisangan tersebut membeli takjil dengan cara 'memancing' dari atas Tol Wiyoto Wiyono.

Dia pun tidak menyangka aksi membeli takjil itu menjadi viral dan mendapat beragam tanggapan dari pengguna media sosial.



"Mungkin mereka bingung juga karena di atas jalan tol mau buka pakai apa? Akses turun nggak ada," katanya.

"Saya sendiri bingung mereka naik ke atas bagaimana? Apa ada antar-jemput atau gimana," ucap Saputra.

Simak juga 'Viral Mobil Kasatpol PP Gayo Lues Halangi Ambulans hingga Terserempet':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/hri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT