Antisipasi Corona Naik Usai Lebaran, Wisma Atlet Siapkan 2 Tower Isolasi

Anggi Muliawati - detikNews
Sabtu, 16 Apr 2022 11:03 WIB
Suasana Rumah Sakit Darurat COVID Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (13/1). Kasus Omicron di Indonesia kini terus bertambah dengan total 506. RSDC Wisma Atlet menambah ruang isolasi pasien untuk menghadapi gelombang Omicron.
Ilustrasi RSDC Wisma Atlet Kemayoran (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran menyiapkan dua tower isolasi untuk pasien positif COVID-19 selama momen Lebaran 2022. Tower yang disiapkan adalah Tower 5 dan 7.

"Tower 5 dan 7 di-standby-kan (untuk kemungkinan kasus Corona naik usai mudik Lebaran)," kata Koordinator Humas RSDC-19 Kolonel dr Mintoro Sumego saat dihubungi, Sabtu (16/4/2022).

Mintoro mengatakan pihaknya harus selalu siap dengan kemungkinan yang terjadi. Meski begitu, dia mengimbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan selama libur Lebaran agar risiko penularan COVID-19 dapat diminimalkan.

"Kita masih harus tetap siap, kita harus siap, mudik itu kegiatan hulu, sedangkan Wisma Atlet Kemayoran itu hilir," ujar dia.

"Mudah-mudahan masyarakat yang mudik aman, tetap jaga jarak dan lain-lain. Mudah-mudahan kalau di hulu berjalan baik, kami di hilir juga akan berjalan lancar," imbuh dia.

Lebih lanjut Mintoro mengatakan saat ini pihaknya hanya membuka Tower 6 untuk isolasi. Sedangkan Tower 4 digunakan untuk karantina.

"Sekarang digunakan untuk isolasi adalah Tower 6, Tower 4 digunakan sebagai karantina," katanya.

Total pasien yang dirawat di Wisma Atlet Kemayoran sebanyak 38 orang saat ini. Pasien masuk berjumlah 7 orang dan pasien keluar sebanyak dua orang.

"Pada hari ini ada 38 orang atau BOR (bed occupancy ratio)-nya di bawah 1 persen. Dari 38 dirawat, 33 orang gejala ringan, dan lima orang komorbid," terang dia.

Simak Video 'Rekap Sepekan COVID-19 RI: Sudah Mulai di Bawah 1.000 Kasus Per Hari':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)