Ketua Dewan Pembina MCMI Sebut HD Gubernur yang Amanah

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Sabtu, 09 Apr 2022 21:58 WIB
Pemprov Sumsel
Foto: dok. Pemprov Sumsel
Jakarta -

Ketua Dewan Pembina Masyarakat Cinta Masjid Indonesia (MCMI) Budi Karya Sumadi memuji Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru. Menurutnya, Herman Deru adalah sosok yang amanah.

Selain itu, Budi juga mengaku bangga karena sosok Ketua MCM I yang terpilih Mularis Djahri merupakan tokoh masyarakat yang sudah cukup terkenal di Palembang dan dekat dengan Ketua Dewan Pembina MCMI Provinsi Sumsel yang juga Gubernur Sumsel Herman Deru.

"Ketokohannya sudah ada artinya ini tinggal jalan saja. Mereka berdua ini klop karena memang berteman baik. Saya Bangga sekali apalagi Gubernurnya amanah. Dan sebentar lagi Sumsel ada Pelabuhan Tanjung Carat, Sumsel tambah keren," ujar Budi dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/4/2022).

Hal itu diungkapkannya saat hadir melantik Pengurus Wilayah MCMI Provinsi Sumsel pada Kamis (31/3) pagi di Jalan Alamsyah Ratu Prawiranegara, Palembang. Ia yakin di bawah kepemimpinan Herman Deru sebagai Dewan Pembina Daerah dan Mularis Djahri sebagai Ketua MCM I Provinsi Sumsel, masjid akan menjadi sentral bagi masyarakat Indonesia.

Selain itu, dia berharap agar keberadaan MCMI dapat memperkuat syiar Islam kepada umat muslim serta membawa masyarakat Indonesia semakin menghargai keberagaman.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru menambahkan MCMI merupakan organisasi yang paling banyak anggotanya di Indonesia.

Ia berharap dengan kepengurusan yang dilantik ini semakin menambah spirit umat untuk berdakwah. Ke depan, lanjut dia, masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah, tapi juga diisi dengan aktivitas sosial dan syiar keagamaan.

Herman Deru pun mendorong Ketua MCM I Sumsel mempertajam koordinasi dengan takmir dan para khatib agar menjadikan masjid-masjid ini makmur dan indah, bukan secara fisik tapi juga secara kegiatan.

"Yang tak kalah penting MCM Indonesia Sumsel dapat merangkul semua dan tidak membedakan aliran satu dengan lainnya," terangnya.

Dia berpesan agar para pengurus yang dilantik hendaknya mampu menunjukkan kemampuan dan semangat untuk membawa organisasi dalam mendukung pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel. Sekaligus berkontribusi dalam menjaga status zero conflict di wilayah Sumsel.

Pada kesempatan tersebut, Ia juga mengucapkan selamat kepada Mularis Djahri sebagai Ketua terpilih dan berharap dapat mengemban amanah sebaik-baiknya. Bahkan bisa memperluas MCMI ke berbagai kota/kabupaten di Sumsel.

Sementara itu, Ketua MCM Indonesia Provinsi Sumsel Mularis Djahri menjelaskan tujuan didirikannya MCM Indonesia yakni untuk mewujudkan Islam yang Rahmatan Lil'alamin. Serta membuat masjid menjadi pusat dakwah. Dengan begitu dapat terwujud pembangunan peradaban dan kebudayaan Islam. Selain itu juga agar masyarakat semakin menumbuhkan kecintaan terhadap masjid.

"Juga untuk menegakkan keberagaman yang ada sehingga tidak terjadi konflik horizontal maupun vertikal," tandasnya.

Selain pelantikan Pengurus MCM I Sumsel, dalam kesempatan itu diadakan juga penyerahan jaket dari Satgas COVID MCM Pusat ke daerah serta penyerahan wakaf Al-Qur'an dan pemberian sembako kepada masyarakat.

(prf/ega)