Profil Kombes Hengki Haryadi, Tangkap Hercules hingga Tumpas 'Kill Bill'

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 14 Apr 2022 21:17 WIB
Kombes Hengki Haryadi (Dok istimewa)
Kombes Hengki Haryadi (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Kursi Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya berganti. Jabatan yang semula diemban oleh Kombes Tubagus Ade Hidayat kini diganti oleh Kombes Hengki Haryadi.

Promosi Hengki sebagai Dirkrimum Polda Metro Jaya itu tersurat dalam Surat Telegram Kapolri dengan nomor ST/747/IV/KEP/2022, tertanggal 13 April 2022. Mabes Polri telah membenarkan surat telegram tersebut.

"Iya benar," kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Ahmad Ramadhan saat dihubungi, Kamis (14/4/2022).

Profil Kombes Hengki Haryadi

Lantas bagaimana sepak terjang Hengki Haryadi? Pria kelahiran Palembang itu tidak perlu diragukan lagi kemampuannya di bidang reserse.

Mengawali karier di kepolisian, Hengki bertugas di Polres Dili, yang saat itu masih menjadi bagian Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hengki kemudian dipindahkan ke Jawa Barat. Ia dipercaya sebagai Wakapolsek Lengkong, Polresta Bandung Tengah.

Hengki mendapatkan kenaikan pangkat Kompol di Polda Lampung pada 2004. Setelah 6 tahun bertugas di Lampung, ia dipindahkan ke Polda Metro Jaya.

Hengki kemudian dipercaya sebagai Kapolsek Gambir, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, dan Wakil Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya.

Semasa menjabat Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat, Hengki pernah mengungkap kasus penyerangan 'Kill Bill' di RSPAD pada 23 Februari 2012 dinihari. Dua orang tewas dalam peristiwa itu akibat luka bacok, sementara enam orang lainnya mengalami luka.

Selengkapnya di halaman berikutnya.