Dirkrimum Polda Metro Jaya Dimutasi, Diganti Kombes Hengki Haryadi

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 14 Apr 2022 14:10 WIB
Gedung Polda Metro Jaya
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Polri merotasi sejumlah perwira tinggi (pati) hingga perwira menengah (pamen). Salah satunya jabatan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.

Rotasi itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri dengan nomor ST/747/IV/KEP/2022, tertanggal 13 April 2022. Mabes Polri telah membenarkan surat telegram tersebut.

"Iya benar," kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Ahmad Ramadhan saat dihubungi, Kamis (14/4/2022).

Dalam surat telegram tersebut, jabatan Dirkrimum Polda Metro Jaya yang sebelumnya dijabat Kombes Tubagus Ade Hidayat diisi Kombes Hengki Heriyadi. Jabatan terakhir Kombes Hengki Haryadi adalah Kapolres Metro Jakarta Pusat.

Kombes Tubagus Ade diangkat dalam jabatan baru sebagai Penyidik Tindak Pidana Utama TK II Bareskrim Polri. Sementara jabatan Kapolres Metro Jakarta Pusat kini dijabat oleh Kombes Komarudin yang sebelumnya menjabat Kapolres Metro Tangerang Kota.

Sedangkan jabatan Kapolres Metro Tangerang Kota digantikan Kombes Zain Dwi Nugroho yang sebelumnya menjabat Kapolres Metro Tangerang. Kekosongan jabatan Kapolres Metro Tangerang kini diisi oleh Kombes Raden Romdon Natakusuma yang sebelumnya menjabat Dirlantas Polda Lampung.

Selain itu, Wadir Reskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Hendy F Kurniawan dimutasi. Ia kini dipromosikan sebagai Dirkrimsus Polda Kaltara. Sedangkan posisinya di Polda Metro diisi AKBP Doony Arif Praptomo.

Kombes Tubagus Ade diketahui menjabat Dirkrimum Polda Metro Jaya sejak pertengahan 2020. Sejumlah kasus diungkap jajaran Ditreskrimum Polda Metro Jaya di bawah pimpinannya.

Sejumlah kasus yang menonjol yang pernah diungkap Kombes Tubagus mulai dari kasus pengeroyokan yang dilakukan oleh kelompok John Kei. Selain itu penindakan pelanggaran protokol kesehatan dalam kegiatan Maulid Nabi yang digelar oleh Habib Rizieq pada Desember 2020 pun pernah ditangani oleh Kombes Tubagus.

Terbaru, Kombes Tubagus Ade Hidayat dan jajarannya mengungkap kasus pengeroyokan dosen UI Ade Armando. Dalam tempo yang singkat, Kombes Tubagus Ade dan jajaran menangkap 3 tersangka pengeroyokan terhadap Ade Armando.

Jajaran Ditkrimum Polda Metro Jaya semasa di bawah kepemimpinan Kombes Tubagus juga pernah mengungkap kasus yang menjadi atensi pimpinan. Salah satunya mafia tanah keluarga Dino Patti Djalal.

Simak juga 'Saat 9 Kapolres Jabodetabek Dimutasi':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mei)