Endapan Lumpur Capai 30 Cm, Saluran Air di Koja Dibersihkan

Wildan Noviansyah - detikNews
Kamis, 14 Apr 2022 18:10 WIB
Saluran air di Koja dibersihkan (Dok istimewa)
Saluran air di Koja dibersihkan. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Satuan tugas Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Koja melakukan pengurasan saluran air di Jalan 102 Timur RT 07 RW 02, Koja, Jakarta Utara. Ini dilakukan karena ketebalan lumpur sudah mencapai 30 cm.

Kepala Satuan Pelaksana SDA Kecamatan Koja Jerry Widian mengatakan masyarakat sekitar kesulitan membersihkan saluran air yang sudah hampir tertutup seluruhnya.

"Mereka (warga) kesulitan untuk membersihkan saluran karena hampir seluruh bagian tertutup secara permanen, sementara tinggi endapan lumpur sudah sekitar 30 sentimeter atau sudah lebih dari setengah badan saluran," kata Jerry dalam keterangannya, Kamis (14/4/2022).

Total sepanjang 135 meter saluran air yang dibersihkan. "Dalam pengurasan saluran ini dilakukan secara manual dengan alat sederhana oleh delapan petugas SDA Kecamatan Koja," ujarnya.

Jerry mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan ke dalam saluran air.

"Untuk tidak membuang sampah sembarangan, khususnya ke dalam saluran mengingat fungsinya untuk menampung sekaligus mengalirkan air. Jika fungsi saluran terganggu, dapat merugikan warga sendiri," pungkasnya.

(isa/isa)