ADVERTISEMENT

Kamis Putih 2022, Ini Jadwal dan Live Streaming Misa di Katedral Jakarta

Lianna Leticia - detikNews
Kamis, 14 Apr 2022 12:40 WIB
Kamis Putih 2022 jatuh pada hari ini tanggal 14 April 2022. Berikut ini jadwal beserta link live streaming Kamis Putih 2022 di Gereja Katedral Jakarta.
Kamis Putih 2022, Ini Jadwal dan Live Streaming Misa di Katedral Jakarta (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Kamis Putih 2022 jatuh pada hari ini tanggal 14 April 2022. Kamis Putih adalah bagian dari Pekan Suci yang diperingati umat Kristiani.

Peringatan Kamis Putih 2022 kini dapat dilakukan dengan dua cara. Misa dapat diselenggarakan secara offline dengan jumlah yang terbatas atau secara online melalui live streaming.

Lantas, kapan jadwal Misa Kamis Putih 2022 di Gereja Katedral Jakarta dan bagaimana cara mengikuti Misa lewat live streaming? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Kamis Putih 2022: Jadwal Misa di Gereja Katedral Jakarta

Kamis Putih 2022 di Gereja Katedral Jakarta diselenggarakan pada tanggal 14 April 2022. Sebagaimana dikutip dari laman Instagram Katedral Jakarta, berikut jadwal Misa Kamis Putih 2022 di Gereja Katedral Jakarta:

  • Misa Kamis Putih diadakan pukul 17.00 WIB di Gereja Katedral Jakarta
  • Misa Kamis Putih diadakan pukul 20.00 WIB di Gereja Katedral Jakarta

Misa offline di Gereja Katedral Jakarta hanya dapat diikuti oleh umat Kristiani yang melakukan registrasi dan pendaftaran terlebih dahulu di website Bela Rasa.

Link Live Streaming Misa Kamis Putih 2022 di Gereja Katedral Jakarta

Bagi umat yang tidak bisa mengikuti Misa Kamis Putih 2022 di Gereja Katedral Jakarta secara offline, mereka dapat mengikuti Misa melalui link streaming Youtube. Berikut linknya.

- Link Live Streaming Misa Kamis Putih 2022 di Gereja Katedral Jakarta pukul 17.00 WIB
- Link Live Streaming Misa Kamis Putih 2022 di Gereja Katedral Jakarta pukul 20.00 WIB

Makna Peringatan Kamis Putih

Dikutip dari situs Iman Katolik, Kamis Putih merupakan salah satu hari terpenting dalam kalender Gereja. Kamis Putih merupakan hari di mana umat Kristen memperingati Perjamuan Malam terakhir yang dipimpin oleh Yesus.

Peristiwa pada Kamis Putih menjadi pengingat bahwa Yesus memberikan pengajaran dan pesan terakhir kepada para muridnya dengan membasuh kaki mereka dan melakukan perjamuan terakhir bersama. Setelah itu, Yesus ditangkap di Taman Getsemani oleh tentara Romawi.

Dalam Misa Kamis Putih 2022, akan diadakan upacara Pembasuhan Kaki atau dikenal dengan sebutan 'Maundy' dalam bahasa Inggris. Melansir dari situs Christians.com, Maundy diambil dari istilah Latin, mandatum atau mendicare. Maundy diartikan sebagai ritus keagamaan yang dirayakan oleh berbagai denominasi Kristen.

Upacara pembasuhan kaki tersebut didasarkan pada catatan Injil Yohanes 13:1-17. Dalam injil tersebut, disebutkan bahwa Yesus melakukan tindakan pembasuhan kaki pada saat Perjamuan Malam Terakhir.

Rangkaian Pekan Suci Umat Katolik

Peringatan Kamis Putih termasuk dalam Pekan Suci. Adapun Pekan Suci umat Katolik terdiri dari lima bagian, yaitu:

  1. Minggu Palma (Palem): Saat Yesus masuk kota Yerusalem dan disambut serta dielu-elukan sebagai seorang raja.
  2. Kamis Putih: Saat Yesus mengadakan Perjamuan Malam terakhir bersama para murid-Nya
  3. Jumat Agung: Saat Yesus diadili dan dijatuhi hukuman mati oleh Pontius Pilatus, disalibkan, wafat, dan dimakamkan.
  4. Sabtu Suci: Saat Yesus turun ke tempat penantian yaitu dunia orang mati, untuk mengabarkan Injil.
  5. Hari Minggu Paskah: Saat Yesus bangkit kembali dari antara orang mati.

Demikianlah informasi mengenai Hari Kamis Putih 2022 dan jadwal live streaming Misa di Katedral Jakarta. Semoga bermanfaat!

(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT