ADVERTISEMENT

Apakah Jumat Tanggal 15 April Libur? Ini Jadwal Tanggal Merah 2022

Syena Meuthia - detikNews
Rabu, 13 Apr 2022 18:10 WIB
Apakah Jumat tanggal 15 April libur menjadi pertanyaan banyak di masyarakat. Pasalnya, tanggal 15 April di kalender 2022 tercatat sebagai tanggal merah.
Apakah Jumat Tanggal 15 April Libur? Ini Jadwal Tanggal Merah 2022 (Foto: Getty Images/iStockphoto/Boonyachoat)
Jakarta -

Apakah Jumat tanggal 15 April libur menjadi pertanyaan banyak di masyarakat. Lalu, tanggal 15 April di kalender 2022 tercatat sebagai libur apa?

Lalu apakah hari Jumat mendatang libur? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Apakah Jumat Tanggal 15 April Libur? Cek SKB 3 Menteri Terbaru

Melansir dari situs resmi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK), perubahan Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022 dalam SKB 3 Menteri menyebutkan bahwa hari Jumat tanggal 15 April 2022 menjadi hari libur nasional. Hari tersebut bertepatan dengan Wafatnya Isa Al Masih/Wafat Yesus Kristus.

Penetapan tersebut didasarkan pada Surat Kesepakatan Bersama (SKB) 3 Menteri terbaru yaitu Menteri Agama Nomor 375 Tahun 2022, Menteri Ketenagakerjaan Nomor 1 Tahun 2022, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1 Tahun 2022. Aturan tersebut merupakan perubahan atas pertimbangan SKB 3 Menteri sebelumnya yaitu Nomor 963 Tahun 2021, Nomor 3 Tahun 2021, dan Nomor 4 Tahun 2021 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022. Keputusan baru tersebut mempertimbangkan kondisi pandemi COVID-19.

Lalu, ada peringatan apa pada tanggal 15 April 2022 sehingga ditetapkan sebagai hari libur nasional? Cek ulasannya berikut ini.

Apakah Jumat Tanggal 15 April Libur? Iya, Ada Hari Wafat Isa Al Masih (Jumat Agung)

Dari daftar libur nasional 2022 di atas, tanggal 15 April merupakan peringatan Wafatnya Isa Al Masih atau Jumat Agung. Mengutip dari situs resmi Kementerian Agama, perayaan Jumat Agung dan Paskah dalam keyakinan umat Kristiani adalah pengingat serta dorongan bahwa Kristus senantiasa mencintai dan memelihara seluruh dunia, mengatasi kematian dengan kehidupan, menaklukkan ketakutan dan ketidakpastian dengan harapan.

Hari Jumat Agung diperingati pada hari Jumat sebelum Minggu Paskah yang bertujuan memperingati penyaliban Yesus, kematian Yesus di atas kayu salib, dan penguburannya. Jumat Agung adalah satu dari lima bagian dalam pekan suci umat Kristiani untuk memperingati kematian Yesus. Pekan suci itu terdiri atas:

  1. Peringatan Minggu Palma (Palem), saat Yesus masuk kota Yerusalem dan disambut serta dielu-elukan sebagai seorang raja
  2. Peringatan Kamis Putih, saat Yesus mengadakan Perjamuan Malam terakhir bersama para murid-Nya
  3. Peringatan Jumat Agung, peristiwa saat Yesus diadili dan dijatuhi hukuman mati oleh Pontius Pilatus, disalibkan, wafat, dan dimakamkan
  4. Peringatan Sabtu Suci, peristiwa saat Yesus turun ke tempat penantian, ke dunia orang mati, untuk mengabarkan Injil
  5. Peringatan Hari Minggu Paskah, saat Yesus bangkit kembali dari antara orang mati.

Apakah Jumat tanggal 15 April hari libur telah terjawab. Kalian punya rencana apa nih di hari Jumat 15 April?

Saksikan juga Blak-blakan Ismail Fahmi, DroneEmprite : "Big Data Luhut Tidak Masuk Akal"

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT