Polda Babel Ungkap Penyalahgunaan BBM Bersubsidi, 1 Orang Jadi Tersangka

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 14 Apr 2022 11:15 WIB
Polda Babel
Jeriken biosolar yang diamankan polisi. (Dok. Istimewa)
Pangkalpinang -

Polda Bangka Belitung (Babel) mengungkap kasus penyalahgunaan BBM bersubsidi jenis biosolar di Pangkalpinang, Babel. Satu pelaku berinisial DRS (47) ditangkap lalu ditetapkan sebagai tersangka.

"Kita telah mengamankan DRS alias Izal (47th) di lokasi penampungan yang berada di Jalan Pahlawan 12 RT 008 RW 003 Kelurahan Gajah Mada, Kecamatan Rangkui Pangkalpinang," ujar Kabid Humas Polda Babel Kombes Maladi dalam keterangannya, Kamis (14/4/2022).

Dari penangkapan DRS, polisi mengamankan sejumlah barang bukti berupa 2 unit mobil, 1 ember untuk menguras BBM biosolar, 11 jeriken berisi BBM biosolar, 5 jerigen kosong, dan 1 potongan jeriken oil, dan 3 buah fuel card atau kartu bahan bakar. Maladi mengungkapkan DRS melakukan aksi tersebut dengan cara membeli BBM bio solar di sejumlah SPBU dengan menggunakan fuel card.

"Membeli biosolarnya di SPBU Selindung, SPBU Kampak, dan SPBU Kejora menggunakan fuel card yang berbeda-beda," jelas Maladi.

Setelah itu, tersangka menjual sejumlah jerigen dengan harga yang lebih tinggi dibanding harga pasaran BBM biosolar. Maladi mengatakan DRS kini sudah dibawa ke Mapolda Babel untuk diperiksa lebih lanjut.

"Kemudian memindahkan biosolar ke wadah atau jeriken dan akan dijual kepada pelanggan dengan harga Rp 220.000 per jeriken," pungkasnya.

(rak/dhn)