Effendi Gazali Puji Faldo Maldini Sebagai Juru Bicara yang Baik

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 14 Apr 2022 02:24 WIB
Pengamat komunikasi politik Effendi Gazali
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Peneliti komunikasi politik dari Universitas Indonesia (UI) Effendi Gazali memuji Faldo Maldini sebagai juru bicara yang baik. Pernyataan Faldo dinilai sulit untuk dibantah.

"Ini Juru bicara yang baik. Kita agak susah membantah. Walaupun kita tahu ada masalah di situ," ucap Effendi dalam acara Adu Perspektif detikcom x Total Politik, Rabu (14/4/2022).

"Kalimat sistematis, dan terstruktur," katanya.

Pernyataan itu dilontarkan oleh Effendi usai mendengar penjelasan dari Faldo soal perpanjangan jabatan presiden. Menurut Faldo, isu tersebut hanya gosip politik.

"Kami sudah berkali-kali menyatakan bahwa hal ini bukan dari Bapak Presiden. Tapi kan permasalahan kita ini kan antara rasa percaya dan tidak percaya. Perasaan ini yang sulit kita kontrol. Perasaan saya dan Khalid tak sama," ujar Faldo.

Faldo MaldiniFaldo Maldini Foto: dok. Pribadi

Menurutnya, wacana-wacana tersebut masih berupa gosip politik. Dia mengatakan jika wacana tersebut terus diperdebatkan hanya menjadi pertarungan imajinasi.

"Jangan sampai kita ini meributkan gosip politik gitu lho. Gosip-gosip dari imajinasi-imajinasi yang kita bikin sendiri. Dan karena semua orang bisa berkonspirasi, semua orang punya banyak versi. Jadi ini kan imajinasi lawan imajinasi," ucap dia.

Ia menyebut Effendi dan masyarakat bisa melihat ketegasan-ketegasan dari sikap Jokowi di medsos pemerintah.

"Tadi Pak Effendi bilang (ada tidaknya statement tegas) dari official, kalau dilihat dari medsos-medsos pemerintah seperti Kemensetneg YouTube sekretariat Presiden, (Jokowi) itu loud and clear (tolak perpanjangan jabatan dan penundaan pemilu)," imbuh Faldo.

Simak Video: Sebut Perpanjangan Jabatan Presiden Gosip Politik, Faldo: Kita Taat Konstitusi

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)